Kalah Dari KoKo Appi-Cicu Cari “Suaka” di Mk

0
1499
TROTOAR.ID, MAKASSAR — Harapan dan ambisi pasangan calon Wali Kota dan wakil Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) untuk memimpin Makassar tidak serta merta berakhir pasca putusan KPU Kota Makassar yang memenangkan Kolom Kosong (KoKo)

Langkah hukum dengan mengugat hasil dan proses pilkadabyang dilakukan KPU diambil oleh tim hukum pasangan calon tunggal yang resmi melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Dikutip dari situs resmi MK, permohonan gugatan tim hukum Appi-Cicu tercatat pada pukul 16:31 WIB, Selasa (10/9/2018). Pihak termohon adalah KPU Makassar.

Baca Juga  MK Kabulkan Uji Materi UU Perkawinan, Anak Dibawah Usia 18 Tahun Dilarang Menikah

Dalam situs tersebut, Appi-Cicu juga menunjuk Muhammad Rulyandi dkk sebagai kuasa hukum yang mendaftar gugatan yang di ajukan ke MK.

Hingga pukul 18:34 WITA sore tadi, permohonan pokok perkara belum diunggah di situs resmi MK.

Diketahui hasil pilkada Kota Makassar beberapa waktu lalu, KPU Kota Makassat menetapkan Kolom Kosong (KoKo) sebagai peraih suara terbanyak, dengan meraih 300.795 suara atau 53,23 persen atau selisih 36.550 suara dari perolehan suara yang diraih pasangan Appi-Cicu yang cuma meraih 264.245 suara atau 46,77 persen.

Baca Juga  MK Kabulkan Uji Materi UU Perkawinan, Anak Dibawah Usia 18 Tahun Dilarang Menikah

Diketahui berdasarkan aturan, untuk mengajukan gugatan sengketa hasil pilkada ke MK memiliki ambang batas selisih suara 0.5 persen bagi daerah dengan jumlah penduduk 1 juta lebih.

Sekjen MK, Prof Guntur Hamzah, menjelaskan, kendati hasil pilkada tak sesuai ambang batas MK, para paslon yang ingin menggugat hasil pilkada ke MK tetap dipersilakan, namun berkas gugatan juga akan dipelajari terlebih dahulu. (upi)

Baca Juga  MK Kabulkan Uji Materi UU Perkawinan, Anak Dibawah Usia 18 Tahun Dilarang Menikah

“Semua gugatan yang masuk akan kita p dilayani meskipun, selisih jauh dari ambang batas, namun tetapnakan dipelajari materi gugatannya,” ujar Guntur dikutip dari detikcom, Senin (9/7/2018).