Resmi Dibuka Gubernur, Ini Harapan Bupati Pinrang Jadi Tuan Rumah

0
122
TROTOAR.ID, PINRANG — Pekan Olahraga Antar Daerah (PORDA) XVI Sulsel resmi dibuka, Minggu (23/09/2018) di Stadion Baumassepe, di Paleteang, kabuoaten Pinrang.

Porda yang diikuti sekitar 14 ribu orang atlet official dan pelatih yang berasal dari 24 kabupaten Kota di Sulsel juga dihadiri para Bupati, Ketua DPRD se-Sulsel.

Dari jumlah tersebut Kontingen tuan rumah merupakan daerah yang paling banyak mengikuti sertakan atlet Official dan pelatih dalam pekan olah raga daerah tersebut

“Kontingen terbanyak adalah tuan rumah Pinrang yakni 684 orang dan Makassar 409 utusan peserta,”ungkap Ketua KONI Pinrang, Ir.Yohanis Sampebua,MP, selaku ketua Pelaksana PORDA, Minggu (23/09/2018).

Sementara itu Bupati Pinrang Aslam Patonangi dalam mengatakan, pelaksanaan porda di Kabupaten Pinrang menjadi ikon budaya yang juga dapat mendorong perekonomian masyarakat di kabupaten Pinrang

“Kami selaku tuan rumah sangat berbahagia digelarnya porda di Pinrang, sebab selain mendorong perekonomian masyarakat, juga dapat mengangkat budaya pariwisata di Sulsel dalam ajang olah raga,” Ungkap Aslam

Sementara itu ketua Komite Nasional  Olah Raga (KONI) Sulsel Elong Chandra mengatakan Porda Pinrang tahun ini nantinya bisa melahirkan atlet berbakat dan terbaik untuk mewakili daerahnya khususnya di Sulawesi Selatan.

“Jadilah pesrta yang baik, menjaga dan menjunjung nilai-nilai sportifitas dalam bertanding,”ungkap Elong Chandra.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang membuka resmi Porda Pinrang ke XVI tingkat Sulsel memuji prosesi pembukaan event 4 tahunan ini yang sangat akbar.

“Pembukaan Porda Pinrang luar biasa. Kita teringat ini seperti prosesi sama dengan Asian Games 2018. Saya berterimah kasih pada Pemerintah Pinrang sebagai tuan rumah dan segala potensi yang ada dimanfaatkan. Sekali terimah kasih dan peserta jaga nama baik daerahnya masing-masing dan bertanding lah secara sportif dan sehat,”ungkap Nurdin Abdullah yang dilantik 5 September menjadi Gubernur.

Sementara, defile masing-masing peserta dihadiri 24 kabupaten/kota se Sulsel. Selain Gubernur hadir, juga unsur Forkominda Provinsi Sulsel juga hadir Kapolda Sulsel, Pangdam Hasanuddin, Ketua DPRD Sulsel, Bupati Pinrang dan Bupati terpilih HA Irwan Hamid.

Selain itu, juga sejumlah perwakilan pemerintahan masing-masing peserta Porda baik Bupati terpilih maupun pelaksana Bupati.

Prosesi pembukaan Porda Sulsel ke XVI di Pinrang ini diikuti ribuan masyarakat Pinrang, para peserta dan perwakilan kabupaten/kota.

Pembukaan acara dirangkaikan pembacaan janji/sumpah atlit dan juri, serta dihibur artis DA Evi Masamba.

Penilain Defile dinobatkan pesrta Kontingen Bone juara 1,disusul Kabupaten Luwu dan ketiga Makassar. Sesuai jadwalnya, prosesi PORDA akan ditutup 30September 2018 mendatang. (Ady)