Banyak Caleg Melanggar, Bawaslu Sebut Parpol yang Akan Kena Sanksi

0
144
TROTOAR.ID, MAKASSAR — Maraknya alat peraga para Calon Legislatif ya g terpajang disejumlah titik yang ada sudut kota maupun daerah, membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) angkat bicara.

Komisioner Bawaslu Sulsel Saiful Jihad mengungkapkan, Lembaga Pengawas Pemilu ini akan mengambil langkah tegas terkait banyaknya caleg yang tidak mentaati wilayah yang menjadi lokasi pemasangan APK bagi para Caleg.

Baca Juga  Target Sapuh Bersih Ketua DPRD, Golkar Kumpul Pimpinan DPD II se Sulsel

“Jelas kita akan tegur partainya, sebab partainya lah dianggap memiliki peran penting untuk menertibkan caleg-caleg dalam pemasangan APK,” ungkapnya.

Apa lagi lanjutnya APK yang dengan jelas di pasang di wilayah yang dilarang seperti tiang listrik, tiang telepon maupun di pohon merupakan pelanggaran, yang akan segera ditindaki oleh pihak bawaslu.

Dalam proses penertibannya, Bawaslu akan melakukan koordinasi dengan Pemda untuk bersama-sama menerbitkan APK yang dianggap melanggar aturan pemasangan

Baca Juga  KPU Sulsel Targetkan 77.5 Persen Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2019 Mendatang

“Segera kita akan koordinasi dengan Satpol PP agar dilakukan penertiban. Sebenarnya, bukan hanya melanggar aturan kampanye, tetapi itu merusak bisa pohon, dan keindahan kota. Jadi Satpol PP bisa lakukan penindakan karena itu melanggar Perda,” tutupnya.

Namun lanjutnya sebelum mengambil tindakan, Bawaslu terlebih dahulu melakukan pendekatan dengan parpol, mengingat parpol adalah pengendali dari calegnya.

Baca Juga  Abdillah Natsir: Kami Yakin Sulsel Basis Suara Golkar, Survei LSI Indikatornya

“Kami sejak awal sudah menyampaikan kepada parpol untuk mengontrol calegnya, agar tidak memasang APK diluar lokasi yang telah di tentukan,” pungkasnya (Upi)