Makassat Tanpa Incumbent, Pansel Sebut, Seleksi Cukup Ketat

Suriadi
Suriadi

Kamis, 08 November 2018 09:26

Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU)
Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU)
TROTOAR.ID, MAKASSAR — Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar telah mengumumkan hasil seleksi tahap ke IV dan menetapkan 10 calon yang kemudian akan mengikuti seleksi akhir untuk menentukan lima nama.

Parahnya lagi, dari 10 nama yang diloloskan oleh Pansel, tak satu pun nama calon incumbent yang lolos dalam seleksi Kesehatan dan wawancara, meskipun sebelumnya ada dua incumbent yang ikut seleksi yakni Rahma Saiyed, dan Abdullah Mansyur.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Ketua Timsel 2 Hasrullah menyebutkan, nama yang lolos dalam seleksi dianggap repesentatif, termasuk pansel mengacu apda scoring nilai test yng dilakukan para kandidar, dan keputusan yang dikeluarkan sangat rasional tanpa ada tekanan dari pihak lain, hasil yang di umumkan murni pada hasil tes yang telah dilalui.

“KIta mengacu pada hasil seleksi mereka, disitu ada scoring nilai, dan penetapan ini berdasarkan kesepakatan timsel yang diambil dalam rapat pleno , apa lagi pendaftar di makassar merpakan orang-orang yang cukup berkualitas dan persaingannya cukup ketat,” ungkapnya.

Menurut Hasrullah, dalam menentukan calon komisioner KPU Kota Makassar dibutuhkan kandidat yang memiliki kapasitas dan kualitas dalam menjalankan konsistensi sistem demokrasi, sehingga dalam menetapkan 10 besar nama calon di lakukan dengan cara seksama.

Diketahui gugurnnya incumbent pada seleksi calon anggota KPU, merpakan yang kedua kalinya sebelumnya pada periode lalu juga Pansel tidak meloloskan Incumbent dalam seleksi calon anggota KPU, dan hal itu kembali terulang pada seleksi kali ini.

 Komentar

Berita Terbaru
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...
Metro28 Maret 2024 16:43
PJ Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pengamanan Mudik Idul Fitri
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 guna memastikan arus m...