Gong Andalan SMK Pecahkan Rekor MURI

0
29
TROTOAR.ID, MAKASSAR —  Kota Makassar kini memiliki ikon baru yang merupakan karya anak bangsa. Karya tersebut berupa gong peradaban yang dinamai “Gong Andalan SMK”.

Gong ini dibangun tepat disamping Benteng Fort Rotterdam dan diresmikan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kamis (8/11). Terlihat hadir, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto dan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo. Serta, Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Aris Bahtiar.

Gong ini juga berhasil memecahkan rekor MURI sebagai gong terbesar. Gong tersebut memiliki diameter tujuh meter dan lebar 90 centimeter. Selain itu, gong ini juga memiliki berat 1,5 ton. Sebelumnya, rekor dipegang oleh gong yang dibuat oleh seniman di Bantul, Yogyakarta, dengan diameter enam meter.

Baca Juga  Liestiaty F Nurdin Lantik Ketua PKK dan Dekranasda Bone

“Malam ini kita mendapatkan rahmat bahwa kita, ada asesoris lagi di Kota Makassar, yaitu gong peradaban. Ini patut kita apresiasi karya anak bangsa, anak Sulsel dan baru pada tingkat SMK,” kata Nurdin Abdullah.

Ia mengungkapkan, kedatangannya untuk mengapresiasi ini. Idenya ini disampaikan baru beberapa hari lalu oleh Kadis Pendidikan, yang menemuinya terkait rencana ini.

“Ketemu saya, disampaikan ada rencana kita mau buat gong peradaban, yang mau dinamakan Gong Andalan,” ujarnya.

Baca Juga  Humas KPU: Alhamdulillah Akhirnya Pemrov Mau Renovasi Gedung Kami

Ia memuji kinerja Irman dalam memimpin Dinas Pendidikan Provinsi, yang tiada hari tanpa inovasi. Baru saja Ia kagum dengan kegiatan Festival Pelajar yang menghadirkan inovasi dari berbagai sekolah, kali ini menghadirkan gong terbesar.

“Saya betul-betul suprise dan bangga sekali bisa mempersembahkan gong peradaban dan ini karya anak-anak kita,” tuturnya.

Menurutnya, membuat gong ini tidak mudah. Diperlukan strategi, teknologi dan upaya-upaya yang keras dari para siswa. Potensi seperti inilah yang dimiliki Sulsel dan Indonesia, berupa bonus demografi.

“Patut kita syukuri dan hargai, saya semakin optimistis bahwa bonus demografi akan menjadi kekuatan besar pembangunan Indonesia ke depan,” harapnya.

Baca Juga  Jayadi Nas TP2D Hadir Untuk Supporting Bukan Mencampuri Anggaran

Jusuf Ngadri, Senior Manajer MURI, menyampaikan, gong adalah alat musik tradisional yang terbuat dari logam. Gong ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Timur. Digunakan sebagai perangkat ritual untuk pesta dan musik.

“Dan malam ini gong SMK sebagai ikon baru Kota Makassar. Oleh karena itu, izinkan malam ini Museum Rekor-Dunia Indonesia menyatakan dan mengukuhkan Gong Andalan SMK adalah rekor dunia MURI. Kepada Pak Gubernur kami memohon menerima rekor penghargaan MURI sebagai penanda pencatatan rekor,” ujarnya. (*)