KPU Sulsel Sabet Dua Penghargaan Nasional

0
37
TROTOAR.ID, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel mendapat dua penghargaan dari KPU RI.

Penghargaan diberikan atas pengelolaan dan pelayanan informasi publik tentang kepemiluan yang telah dilaksanakan KPU Provinsi di seluruh Indonesia.

Dua penghargaan yang diterima KPU Sulsel, yakni kategori informatif dan juara satu pada kategori pelayanan informasi KPU provinsi se-Indonesia. Penilaian dilakukan tim independen yang dibentuk KPU RI.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua KPU RI Arief Budiman kepada Koordinator Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Sulsel, Faisal Amir di sela-sela Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan di Jakarta, Jumat (30/11/2018).

“Alhamdulillah pengelolaan informasi publik di KPU Sulsel tergolong informatif dan terbaik pada penilaian pelayanan informasi,” ujar Faisal Amir yang hadir bersama Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang.

Baca Juga  Ditangan Prof HUsain Syam UNM Mampu Meraih SNI BSN

Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan, penghargaan ini sebagai apresiasi atas kerja keras KPU Provinsi dalam upaya keterbukaan informasi publik. Juga diharapkan jadi penyemangat bagi KPU provinsi lainnya agar bisa lebih baik ke depan.

“Pengelolaan dan pelayanan informasi ini mendukung keterbukaan kepada masyarakat atas kinerja KPU dalam penyelenggaraan pemilu,” tutur Arief di hadapan KPU provinsi seluruh Indonesia.

Arief menambahkan, kepercayaan publik terhadap penyelenggara Pemilu merupakan hal yang sangat penting. Hal itu hanya bisa tercapai melalui peningkataan keterbukaan informasi.

Itu salah satu alasan sehingga KPU RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan di Jakarta.

“Acara ini (Rakor Kehumasan) penting sekali, karena Pemilu itu urusannya sangat erat dengan kepercayaan publik. Kalau publik tidak percaya kepada Anda, kemungkinan prosesnya tidak dipercaya. Kalau prosesnya tidak dipercaya, hasilnya tidak dipercaya. Kalau hasilnya tidak dipercaya, maka konflik akan muncul, maka salah satu cara membangun kepercayaan yaitu dengan keterbukaan,” tegas Arief Budiman.

Baca Juga  KPU RI Berhentikan Sementara Ketua KPU Soppeng

Dalam kesempatan tersebut juga, Arief juga berpesan kepada seluruh satuan kerja di lingkungan KPU pada 34 provinsi untuk dapat meningkatkan sosialisasi tahapan Pemilu.

“Anda bukan sekadar dituntut terbuka, tetapi terbuka dan cepat. Kalau tidak cepat, informasi yang Anda buat itu sudah basi. Nah, kalau sudah basi itu bisa mempengaruhi kepercayaan publik,” kata Arief mengingatkan.

DAFTAR PENGHARGAAN KPU RI

Baca Juga  KPU Sulsel Gelar Fit And Proper Test Calon Anggota KPU Antri Tunggu Panggilan

KPU provinsi yang informatif dalam dalam pelaksanaan keterbukaan informasi:

1. KPU Provinsi Sulawesi Selatan
2. KPU Provinsi Bali
3. KPU Provinsi Banten
4. KPU Provinsi DI Yogyakarta
5. KPU DKI Jakarta
6. KPU Provinsi Jawa Barat
7. KPU Provinsi Jawa Tengah
8. KPU Provinsi Kalimantan Barat
9. KPU Provinsi Kalimantan Tengah
10. KPU Provinsi Kalimantan Timur

Pemenang Kategori

1. Struktur PPID: KPU Provinsi DI Yogyakarta
2. Daftar Informasi Publik: KPU Provinsi Bali
3. Layanan Informasi: KPU Provinsi Sulawesi Selatan
4. Publikasi Informasi Pemilu Melalui Website: KPU Provinsi DI Yogyakarta
5. Laporan Tahunan: KPU Provinsi Jawa Tengah
6. Paling Informatif: KPU Provinsi DI Yogyakarta