Dianggap Melanggar, KPU Makassar Coret Satu Caleg Berkarya

0
70
TROTOAR.ID, MAKASSAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akhirnya mangugurkan Nurmiati sebagai Calon Legislatif dari Partai Berkarya, setelah “kedok” Nurmiat terbongkar oleh KPU.

Kedok yang dimaksud adalah status Nurmiati sebagai dewan Pengawas di RSUD Daya yang masih dijabatnya hingga saat ini oleh caleg dari Dapil Makassar 3 nomor ururt 4 tersebyr yang disembunyikannya.

Komisioner Devisi Informasi dan Komunikasi KPU Kota Makassar Rahma Saiye mengatakan jika keputusan tersebut diambil dalam rapat pleno kemarin, dan hasilnya memutuskan mencoret caleg berkarya dari dapil makassar 3 nmor urut 4 Nurmiaty dalam bursa caleg tetap.

Baca Juga  Mimpi Atau Kenyataan Istri Kepala Daerah Menang di Pemilu, Ini Kata Pengamat

“Kita sudah TMS kan yang bersangkutan, sebab yang bersangkutan dianggap tidak memenugi Syarat untuk diloloskan sebagai caleg pada pemilu 2019 mendatang,” Ungkap

Rahman menjelaskan keputusan yang diambil KPU KOta Makssar berdasar pada PKPU nomor 20 tahun 2018 pasal 7 tentang pencalonan amggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupate/Kota yang menegaskan calon legislatif yang berasal dari dewan Komisaris Direksi Dewan pengawas BUMN maupun BUMD harus mengundurkan diri, yang di buktikan dengan surat pengunduran diri.

Baca Juga  Pertarungan Ponakan VS Paman dan Tante di Pileg, Siapa yang Untung?

Sementara NUrmiati menurut Rahma, jika jika yang bersangkuta tidak melampirkan surat pengunduran dirinya, dan terkesan menutupi jabatan dirinya sebagai dewan pengawas RSUD Daya, dan itu diketahui setalah adanya tanggapan masyarakat yang masuk ke KPU.

“Kita proses ini karena kami mendapat tanggapan masyarakat akan jabatan dan posisi Nurmiati sebagai Dewan Pengawas RSUD Daya,dan setelah melakukan penelusuran menemukan SK dewan Pengawas yang didapatkan dari BKD dan masih berlaku,” Ungkapnya

Baca Juga  Bupati Bantaeng Sebut ABM Calon Senator Muda Fenomenal