Terlibat Politik Praktis, MENPAN-RB: Ada Sanksi yang Akan di Berikan

Suriadi
Suriadi

Jumat, 01 Desember 2017 14:12

Terlibat Politik Praktis, MENPAN-RB: Ada Sanksi yang Akan di Berikan

 

Trotoar.id, Makassar — Selain larangan memberikan dukungan KTP kepada bakal calon Kepala daerah yang akam bertarung pada pilkada serentak 2018, pemetintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Pemerintahan (PANRB) menghimbau kepada seluruh ASN untuk tidak menjadi tim sukses maupun foto bersama yang kemudian diunggah di media sosial.

Seperti yang dikutip dalam situs resmi Kemenpan-RB, Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengingatkan, pasangan calon kepala daerah untuk tidak melibatkan ASN, TNI, maupun Polri dalam skuat tim pemenangan.

Selain itu, dia juga menegaskan ASN dilarang melibatkan diri dalam konteks pilkada serentak, termasuk menjadi LO dan Master Kampaign dan, dan ikut serta dalam aksi tindakan kampanye.

“Pegawai ASN juga tidak boleh foto bersama pasangan calon (Paslon) dan mem-posting-nya di media sosial. ASN juga tidak diperbolehkan menjadi narasumber dalam acara yang berkaitan dengan politik,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR-RI, di Jakarta.

Bahkan Setiawan menjelaskan, pihaknya PANRB juga segera melakukan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Bagi pegawai ASN yang bersikap tidak netral dalam perhelatan politik itu akan ditindaklanjuti dan sanksi yang akan di berikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Hukuman disiplinnya sedang sampai berat. Jadi tidak ada hukuman yang ringan. Dan yang terakhir, Kementerian PANRB akan melakukan monitoring dan evaluasi secara intensif,” jelas Setiawan. (***)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 September 2022 10:59
Begini Keakraban Gubernur Sulsel Bersama Waketum Ahmad Ali di Jalan Sehat Partai Nasdem
Trotoar.id, Makassar-- Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengikuti Jalan Sehat Restorasi Partai Nasdem di Center Point of Indonesia (C...
Metro25 September 2022 10:55
Peserta Jalan Sehat Nasdem Membludak, RMS Tambah Hadiah Mobil
Trotoar.id, Makassar – Tingginya antusias [email protected] semangat masyarakat Kota Makassar dan Sulsel mengikuti jalan sehat restorasi partai Nasdem cukup tingg...
Metro25 September 2022 10:36
Dijamu Danny-Fatma, Nasdem: Terima Kasih Makassar
Trotoar.id, Makassar,— Ratusan pengurus dan kader Partai Nasdem (Nasional Demokrat) menghadiri jamuan makan malam Wali Kota dan Wakil Wali Kota Maka...
Metro25 September 2022 00:13
Menyambut Kesediaan Anies Nyampres, 17 Simpul Relawan KoReAn Konsolidasi di Jakarta.
Trotoar.id, Makassar -- Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn), Muhammad Ramli Rahim menyambut bersikap Gubernur DKI Jakarta, Anies Ba...