Terlibat Politik Praktis, MENPAN-RB: Ada Sanksi yang Akan di Berikan

Suriadi
Suriadi

Jumat, 01 Desember 2017 14:12

Terlibat Politik Praktis, MENPAN-RB: Ada Sanksi yang Akan di Berikan

 

Trotoar.id, Makassar — Selain larangan memberikan dukungan KTP kepada bakal calon Kepala daerah yang akam bertarung pada pilkada serentak 2018, pemetintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Pemerintahan (PANRB) menghimbau kepada seluruh ASN untuk tidak menjadi tim sukses maupun foto bersama yang kemudian diunggah di media sosial.

Seperti yang dikutip dalam situs resmi Kemenpan-RB, Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengingatkan, pasangan calon kepala daerah untuk tidak melibatkan ASN, TNI, maupun Polri dalam skuat tim pemenangan.

Selain itu, dia juga menegaskan ASN dilarang melibatkan diri dalam konteks pilkada serentak, termasuk menjadi LO dan Master Kampaign dan, dan ikut serta dalam aksi tindakan kampanye.

“Pegawai ASN juga tidak boleh foto bersama pasangan calon (Paslon) dan mem-posting-nya di media sosial. ASN juga tidak diperbolehkan menjadi narasumber dalam acara yang berkaitan dengan politik,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR-RI, di Jakarta.

Bahkan Setiawan menjelaskan, pihaknya PANRB juga segera melakukan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Bagi pegawai ASN yang bersikap tidak netral dalam perhelatan politik itu akan ditindaklanjuti dan sanksi yang akan di berikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Hukuman disiplinnya sedang sampai berat. Jadi tidak ada hukuman yang ringan. Dan yang terakhir, Kementerian PANRB akan melakukan monitoring dan evaluasi secara intensif,” jelas Setiawan. (***)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik17 April 2024 21:09
Persiapan Menghadapi Pilkada 24 Kabupaten: Pertemuan Antara Ketua DPW PPP Sulsel dan Sekretaris DPW Nasdem Sulsel
foto baru-baru ini tersebar di salah satu grup WhatsApp Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulawesi Selatan, H. Syaharuddin Alrif,...
Daerah17 April 2024 21:01
Bersama Kapolda Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Resmikan Revitalisasi Makam Arung Pallaka dan Karaeng Pattingalloang
Dalam upaya menghormati dan melestarikan warisan sejarah, Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, telah merevitalisasi kompl...
Politik17 April 2024 20:55
Golkar Lutra Dukung Airlagga Kembali Jadi Ketua Umum Golkar
Ketua DPD II Golkar Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan dukungannya untuk Airlangga Hartarto kembali menakhodai Partai Golkar. Di bawah tanga...
Politik17 April 2024 18:13
Gerindra Pertimbangkan Usung Rudal di Pilwalkot
Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS), Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA), dan Rusdin Abdullah (Rudal) bertemu untuk mengka...