Mahasiswa Makassar : Menteri Jangan Jadi Cukong Politik

Suriadi
Suriadi

Selasa, 26 Juni 2018 20:08

Mahasiswa Makassar : Menteri Jangan Jadi Cukong Politik
TROTOAR.ID, .MAKASSAR — Sekitar seratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemerhati Demokrasi menggelar aksi unjuk rasa di pelataran Markas Polda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Selasa (26/6).

Mereka mendesak pihak kepolisian memeriksa menteri pada era Jokowi yang disinyalir terlibat kasus mahar politik. Parahnya lagi, sang menteri ditengarai menjadi cukong politik dan melakukan intervensi politik demi kepentingan pribadinya.

Jenderal Lapangan Aliansi Pemerhati Demokrasi, Asman Saputra, menyebut dugaan keterlibatan menteri menjadi atau sebagai fasilitator cukong harus diusut tuntas.

Kepolisian dan lembaga negara terkait tidak boleh tinggal diam. “Selamatkan demokrasi Sulsel. Ya menteri jangan jadi cukong politik dan pemodal perusak demokrasi Sulsel,” kata Asman, dalam orasinya di depan pelataran Markas Polda Sulsel.

Massa demonstran menuntut pihak kepolisian mengusut tuntas rekaman suara yang diduga melibatkan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.

Dalam rekaman tersebut, Menteri Amran disebut meminta uang Rp45 miliar kepada Tanribali Lamo (TBL) untuk tetap menjadi pendamping calon Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

“Kami desak kepolisian untuk menangkap dan mengadili cukong politik dan pemodal perusak demokrasi Sulsel,” tegas Asman.

Rekaman yang berdurasi sekitar 5 menit itu, suara yang diduga TBL mengungkap kronologi saat posisinya digantikan oleh adik Menteri Amran yakni Andi Amran Sulaiman.

Beredarnya rekaman ini dinilai menimbukan kekisruhan di tengah masyarakat, apalagi menjelang pemungutan suara di Pilgub Sulsel 2018. Untuk itu, para demonstran mendesak Polda mengungkap kasus tersebut.

Lebih jauh, Asman menyerukan agar seluruh pihak menciptakan pilkada damai, pilkada yang tanpa politik uang. Diingatkannya pula agar kandidat tidak coba-coba melakukan politik uang yang hanya akan merusak demokrasi di daerah ini. (**)

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah19 April 2024 09:58
Peduli Korban Bencana Tanah Longsor, Nasdem Tana Toraja Berikan Bantuan
artai Nasdem Tana Toraja, di bawah pimpinan Evivana Rombe Datu, mengambil langkah cepat dalam menanggapi bencana alam tanah longsor yang baru-baru ini...
Daerah19 April 2024 09:50
Muh. Saleh Hadiri Acara Perkenalan dan Silaturahmi dengan Kajati Sulsel
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, M.Si, turut menghadiri acara perkenalan dan silaturahmi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Agus Salim,...
Metro19 April 2024 09:48
Sambut Kajati Baru, Pj Gubernur: Bangun Hubungan Melalui Pertemuan Silaturahmi
Suasana keceriaan menyertai acara perkenalan dan silaturahmi Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) baru Sulsel, Agus ...
Politik19 April 2024 09:43
Relawan Milenial Prabowo-Gibran Dukung ARM Maju Pilkada Makassar
Relawan Milenial Prabowo-Gibran di Makassar Mendukung Andi Rahmat Manggabarani sebagai Calon Wali Kota...