Begini Rekam Jejak Pengiat Film di Maros

Suriadi
Suriadi

Jumat, 03 Agustus 2018 02:42

Begini Rekam Jejak Pengiat Film di Maros
TROTOAR.ID, MAKASSAR — “MAFIA Maros” dari namanya pasti banyak paradigma masyarakat yang menganggap Mafia adalah hal yang berbau negatif.

Tapi ternyata, MAFIA Maros ini adalah singkatan dari Maros Film Action! Yaitu sebuah komunitas pembuat film pertama di Maros sejak 2014 yang di bentuk oleh seorang selebgram Makassar yang sudah tidak asing, Akrabarka.

Baru-baru ini MAFIA Maros mengunggah karya-karya mereka dari tahun 2014 – 2017 ke Youtube. Film tersebut diantara lain, “Sahabat Pohon Kelapa (2014)”, Jangan Terlambat” (2016), “Inisial Syafirah” (2017).

Tema dari ketiga film ini pun berbeda-beda. Ada yang mengangkat tentang persahabatan anak kecil dengan pohon kelapa, kemudian tentang seorang perempuan yang harus kehilangan kekasihnya secara tragis, dan juga tentang bagaimana perjalanan seorang siswi SMA di Maros yang setiap pulang sekolah harus berjalan kaki berkilo-kilo meter untuk sampai di rumahnya.

Hebatnya, kurang dari 24 jam channel Youtube MAFIA Maros sudah mendapat ribuan tayangan dan subscriber, dan juga mendapatkan verifikasi akun dari pihak Youtube dalam waktu yang sangat singkat. “MAFIA Maros” adalah nama channel youtube komunitas yang ternyata membawa dampak positif bagi generasi bangsa untuk berkarya secara kreatif.

Di channel Youtube tersebut penonton disuguhkan proses dibalik layar pembuatan film untuk memuaskan rasa penasaran penonton terhadap kualitas film tersebut. Dimana antara lain mereka bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari Pemadam Kebakaran untuk membuat hujan buatan, dan juga pihak Kepolisian untuk penutupan jalan.

Berbagai hambatan pun mereka alami, tapi tidak menyurutkan totalitas mereka dalam penggarapan film dan memuaskan rasa penasaran penonton di balik karyanya. Sehingga, produksi mereka terbilang berskala besar untuk ukuran komunitas.

Maka dari segi kualitas, film karya MAFIA Maros ini tidak di ragukan lagi. Terbukti dari penghargaan-penghargaan yg pernah di raih. Seperti, 3 filmnya meraih Official Selection & Best Film Nomination di Pekan Film Makassar 2017, dan juga pernah menjadi Official Film di Film Screening Festival International F8 di Makassar dimana saat itu film karya MAFIA Maros adalah satu-satunya film Maros yg di putar bersama film-film dari luar negeri seperti Australia dan Jepang.(abadi)

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum17 Juni 2021 23:01
Edy Rahmat Mengaku Pungut Upeti Dari Anggu Atas Perintah NA
Trotoar.id, Makassar -- Mantan anak buah Nurdin Abdullah, Edy Rahmat mengungkapkan fakta baru dalam kasus suap dan gratifikasi Gubernur Sulsel nonakti...
Metro17 Juni 2021 22:28
Dibawa oleh Walkot Makassar Naik Kapal Phinisi Kelilingi Laut Losari, Sandiaga Uno: F8 Kebangkitan Pariwisata dari Indonesia Timur
TROTOAR.ID, MAKASSAR — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Kota Makassar, di Center Point of Indonesia...