Sudirman Sulaiman Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter Terakhir

Fadli
Fadli

Rabu, 26 September 2018 00:39

Sudirman Sulaiman Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter Terakhir
TROTOAR.ID, MAKASSAR — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyambut kedatangan kloter terakhir Jemaah Haji Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang, Selasa (25/9) siang.

Selain Wagub, turut hadir Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono, sejumlah muspida lain, pengawas dan Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH).

Sebanyak 15.834 orang Jemaah haji embarkasi Makassar yang terbagi dalam 35 kloter tiba dengan selamat di tanah air. Jumlah ini mengalami pengurangan sebanyak 27 orang dari jumlah total Jemaah haji embarkasi Makassar tahun 2018 sebanyak 15.861 orang atau hanya 99,83 persen.

Berkurangnya 27 orang tersebut dengan rincian, 21 orang meninggal dunia di Arab Saudi, 5 orang dalam keadaan sakit dan masih dirawat di Arab Saudi dan 1 orang kembali ke tanah air melalui jalur regular. Jemaah haji yang wafat di tanah suci yakni dari Sulsel 18 orang, Sultra 2 orang, Maluku 3 orang, Maluku Utara 1 orang, Papua barat 1 orang, Sulbar 2 orang dan Gorontalo 2 orang. Jumlah Jemaah haji yang wafat tahun ini jauh lebih sedikit dibanding pada penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu yang mencapai 42 orang.

Dalam sambutannya, Wagub Andi Sudirman menyampaikan selamat datang kepada seluruh Jemaah haji yang telah menunaikan rukun islam tersebut.

“Pertama saya menyampaikan permohonan maaf dari pak gubernur yang berhalangan karena beliau sedang ada agenda lain di luar kota, kemudian mewakili beliau menyampaikan selamat datang kembali mudah-mudahan semua kembali dengan menyandang haji mabrur insyaallah”. Kata Andi Sudirman.

Secara umum, pelaksanaan ibadah haji tahun ini mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan Jemaah haji berjalan lancar dan hampir tidak ditemukan kendala yang berarti. Hal ini tak terlepas dari dukungan pemerintah, muspida hingga panitia penyelenggara ibadah haji.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
News28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...
Metro28 Maret 2024 16:43
PJ Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pengamanan Mudik Idul Fitri
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 guna memastikan arus m...
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi KWN Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...