TROTOAR.ID — Pesta dagang yang digelar 11.11 menjadi hari yang cukup menguntungkan bagi operator belanja online, bahkan Alibaba Group dalam pesta belanja murah yang digelar sehari mampu meraih keuntungan sebesar USD 24.,3 atau setara dengan Rp354,78 Triliun kurung waktu 16 jam
Bahkan perusahaan asal Tiongkok tersebut melaporkan produk yang laku di beli oleh masyarakat dunia pada 11.11 yakni Xiaomi Apple Inc, dan Dyson Ltd paling banyak dalam penjualan awal.
“Alibaba memanfaatkan semua platform-nya untuk menjadikan penjualan sehari libur ini dilengkapi dengan makanan dan hiburan,” kata Presiden Tmall Jet Jing dikutip dilaman pojoksatu.com
Dia mengatakan, pada acara belanja diakon besar yang digelar selama sehari Alibaba Gorup menghubungkan belanja online dengan outlet fisik offline.
Perayaan ini, sangat penting tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga negara. Perayaan 11 November tahun ini dibukukan di tengah tekanan akibat perlambatan ekonomi Tiongkok.
Memurutnya, Singles’ Day merupakan gagasan dari Jack Ma dan Zhang, yang mampu membangun ide dengan merubah hari libur menjadi hari belanja pada satu dekade lalu.
Dan perhelatan hari 11.11 Pertama kali dipopulerkan oleh seorang mahasiswa, dimana 11.11 muncul sebagai hari sentimentalitas
Beberapa platform e-commerce asal Tiongkok lainnya juga turut serta dalam Singles’ Day, seperti JD.com. Lini bisnis Alibaba di Asia Tenggara, Lazada, juga menawarkan diskon Singles’ Day di Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, dan Vietnam.
Sudah tiga tahun sejak Ma mengatakan dia ingin menjadikan Singles Day sebagai fenomena global. Ekspansi internasional akan menjadi kunci utama upaya untuk terus memecahkan rekor.
Komentar