Brand Baru, Energi Pariwisata Sulsel di Tahun 2019

Fadli
Fadli

Jumat, 28 Desember 2018 04:17

Brand Baru, Energi Pariwisata Sulsel di Tahun 2019
TROTOAR.ID, MAKASSAR —  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD), melakukan launching brand baru pariwisata Sulsel, Kamis (27/12). Brand pariwisata Sulsel ini tentunya menjadi energi baru bangkitnya sektor pariwisata di Sulsel.

Kepala Disbudpar Sulsel, Musyaffar Syah, mengatakan, melalui logo baru sebagai brand pariwisata Sulsel, pemerintah memperkenalkan indahnya Sulsel sebagai pusat Indonesia, yang biasa disebut The Heart Wonderful Indonesia. Kaum milenial menjadi salah satu pasar yang cukup potensial, apalagi sekarang ini penggunaan media sosial yang sudah tidak asing lagi.

“Pariwisata Sulsel memiliki potensi yang beranekaragam dan keindahan yang unik. Namun, daya tarik dari keindahan tersebut masih membutuhkan sentuhan dengan melakukan promosi. Setiap destinasi harus mampu menghadirkan brand yang menjadi ciri khas destinasi itu sendiri,” ujarnya.

Adapun yang menjadi latar belakang dari brand pariwisata Sulsel, lanjutnya, bahwa elemen esensial dan wajah brand sangat penting dengan melihat adanya proses perancangan yang sesuai. Secara objektif, rancangan pariwisata dilakukan melalui penyelenggaraan loka rancang yang melibatkan peserta terpilih atau pelaku kreatif dan asosiasi profesional desain grafis Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, pemenang lomba desain brand pariwisata Sulsel, Rahmat Zulkarnain, menyampaikan konsepnya. Yakni menggunakan tiga konsep. Yang pertama, konsep penyambutan yang biasanya tarian khas, tari kipas, sulappa appa yang merupakan bentuk aksara lontar, dan terakhir ikatan.

“Kita harus memahami manifestasi kebudayaan terlebih dahulu sebelum merangkum menjadi satu,” ujarnya.

Sebelum merancang brand, tambahnya, terdapat lima aspek yang menjadi acuan. Yaitu wisata budaya, wisata bahari, wisata agro, wisata sejarah, dan wisata kuliner. Kemudian yang menjadi target audiens adalah anak muda atau generasi milenial, dengan melihat aktifitas dan kebutuhan mereka. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
News29 Maret 2024 22:40
Dekranasda Gelar “Fashion for Charity”, Kumpulkan Rp146 Juta untuk UKM dan Pengrajin Disabilitas
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan sukses menggelar acara "Fashion for Charity" di Hotel Claro Makassar pada Jumat...
News29 Maret 2024 22:36
PKK Sulsel Gelar Ramadan Expo 2024 untuk Dukung UMKM
Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Ramadan Expo 2024 di Halaman Kantor PKK Sulsel, pada Kamis, 28 Maret 2024....
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...