Survei LSI Jokowi Turun 4,5 Persen Prabowo Naik 2,5 Persen

Suriadi
Suriadi

Kamis, 06 Desember 2018 23:57

Dua Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2019
Dua Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2019
TROTOAR.ID JAKARTA — Menurut Rully, hal ini disebabkan kedua kubu peserta Pilpres 2019 itu lebih sibuk memainkan perang isu. Sementara kampanye program dan visi-misi, justru diabaikan.

“Pembicaraan di media sosial dan media konvensional ternyata dikuasai oleh perang isu yang sensasional saja. Namun terbukti tidak mengubah secara signifikan elektabilitas keduanya” ujarnya.

Karenanya Rully pun menyarankan agar kubu Jokowi maupun Prabowo, menyampaikan visi dan misi melalui program-program konkret, guna merebut suara lawan maupun swing voters.

“Kalau sudah masuk ranah program, masyarakat bisa melihat diferensiasi antara kedua paslon, Jokowi diuntungkan karena masih menjabat sebagai presiden sehingga bisa menunjukkan prestasinya,” ujarnya.

LSI Dennya JA juga menyampaikan adanya enam isu populer selama dua bulan kampanye Pilpres 2019. Isu populer yang dimaksud, adalah isu yang diketahui oleh 50% responden, dan memiliki tingkat kesukaan atau ketidaksukaan di atas 60%. Rully mengatakan, semakin publik mengetahui suatu isu, baik menyukai ataupun tidak, maka isu tersebut akan semakin populer.

Berdasarkan survei LSI Denny JA, enam isu populer itu terdiri atas tiga isu yang disukai, yaitu penyelenggaraan Asian Games (96,5%), kunjungan Presiden Jokowi kepada korban gempa dan tsunami Palu (93,7%), kunjungan Jokowi ke korban gempa Lombok (94,5%).

Sementara itu, tiga isu yang tidak disukai responden adalah hoaks Ratna Sarumpaet (89,5%), nilai tukar dolar Rp15 ribu (84,3%), serta pembakaran bendera HTI (83,6%).

Survei LSI dilakukan pada 10-19 November 2018, dengan melibatkan 1.200 responden. Survei dilakukan dengan wawancara langsung menggunakan kuisioner, di mana tingkat margin of error plus minus 2,9%. (ant)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...
News27 Maret 2024 23:48
Yeni Rahman Ajak Warga Makassar Untuk Dalami Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan
Yeni Rahman, Anggota DPRD Kota Makassar, mengajak warga Kota Makassar untuk lebih mendalami Al-Qur'an, terutama dalam bulan suci Ramadan....
News27 Maret 2024 23:37
Masyarakat Biringbulu Bangga Terhadap Pembangunan Pos Pelayanan Publik
Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabuaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul...