BBWSPJ Anggarkan Rp 2 T Pembangunan Bendungan Jenelata

Suriadi
Suriadi

Kamis, 31 Januari 2019 06:08

BBWSPJ Anggarkan Rp 2 T Pembangunan Bendungan Jenelata

TROTOAR.ID — Permintaan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk segera membangun bendungan Kenekatan di kabupaten gowa mendapat respon spesial dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengang Je’neberang (BBWSPJ).

Dimana BBWSPJ terlihat terus menggenjot pembangunan Bendungan Jenelata,  dengan memulia melakukan perancangan sertifikasi lahan yang akan di gunakan dalam membangun bendungan kedua di kabupaten Gowa.

Apa lagi saat ini pemerintah telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp460 miliar untuk membebaskan sejumlah lahan yang masuk dalam wilayah pembangunan bendungan yang di jadwalkan akan selesai hingga 2020 mendatang.

“Saat ini kita telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp460ilar untuk pembebasan lahan,  dan tahapanny Asmadi saya ini masuk dalam ferivikasi deaanbgmabar dan bentuk bendungan, ” ungkap  Kepala BBWSPJ Teuku Iskandar, usai menemui Bupati Gowa di Rujab Bupati Gowa.

Bendungan terbesar kedua di kabupaten Gowa katanya nantinya akan berdiri dilahan seluas
1.700 ha dengan daya tampung air sebanyak  246 juta meter kubik dengan jumlah volume tampungan efektif sebanyak 238,00 juta meter kubik.

Dan untuk anggaran konstruksi bendungan sendiri kata dia,  akan menggunakan anggaran APBN sebesar Rp 2 triliun.


“Saat ini kita masih melakukan kiainya terhadap anggaran pembangunan, ” Ungkapnya

Jika bendung ini selesai, akan mampu mereduksi banjir sampai 1.800 meter per kubik. Selain itu, mampu melayani air baku untuk 7,8 juta penduduk serta pembangkit listrik 0,4 mwat.

Selain itu, bendung ini nanti akan memberi suplay ke bendung Bili-Bili, bendung Bissua dan Kampili dan mengairi sawah seluas 23.000 hektare (ha). “Tentu ininakan berimbas pada produksi pertanian hingga 300%,”ucapnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik17 April 2024 21:09
Persiapan Menghadapi Pilkada 24 Kabupaten: Pertemuan Antara Ketua DPW PPP Sulsel dan Sekretaris DPW Nasdem Sulsel
foto baru-baru ini tersebar di salah satu grup WhatsApp Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulawesi Selatan, H. Syaharuddin Alrif,...
Daerah17 April 2024 21:01
Bersama Kapolda Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Resmikan Revitalisasi Makam Arung Pallaka dan Karaeng Pattingalloang
Dalam upaya menghormati dan melestarikan warisan sejarah, Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, telah merevitalisasi kompl...
Politik17 April 2024 20:55
Golkar Lutra Dukung Airlagga Kembali Jadi Ketua Umum Golkar
Ketua DPD II Golkar Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan dukungannya untuk Airlangga Hartarto kembali menakhodai Partai Golkar. Di bawah tanga...
Politik17 April 2024 18:13
Gerindra Pertimbangkan Usung Rudal di Pilwalkot
Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS), Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA), dan Rusdin Abdullah (Rudal) bertemu untuk mengka...