KPU Bantaeng Memberi Pembekalan Bagi Relawan Demokrasi

0
56

TROTOAR.ID, BANTAENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng menggelar Training of Trainer (TOT) bagi Relawan Demokrasi (Relasi). Kegiatan yang berpusat di Hotel Ahriani, jalan Raya Lanto, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng ini digelar selama dua hari, Kamis dan Jumat (24 dan 25 Januari 2019).

“Jadi kita mulai kegiatan hari ini (Kamis, red) sampai besok. Jadi dua hari pelaksanaan. Ada beberapa materi yang kita berikan. Seperti apa itu tugas Relasi, bagaimana itu kerja-kerja Relasi, tahapan, serta pemungutan suara,” kata Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat, Sosialisasi dan Peningkatan SDM KPU Bantaeng, Drs Ansar Tubba, Kamis (24/1/2019).

Baca Juga  Diakui Pemerintah, UKDM Ramaikan Pameran Pendidikan

Ansar Tubba menjelaskan bahwa KPU Bantaeng memberi pembekalan kepada Relasi ini, sebagai upaya menyadarkan masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pemilu serentak pada Rabu, 17 April 2019 mendatang.

“Kita sampaikan siapa-siapa peserta pemilu, itu disampaikan. Mulai dari calon Presiden, calon DPD, calon DPR RI, DPRD tingkat I dan II. Begitu pula dengan Daerah Pemilihan (Dapil). Kita sampaikan juga jumlah kursi yang diperebutkan, juga jumlah parpol yang ikut serta,” ujarnya.

Baca Juga  Grand Mall Maros Dituntut Ganti Rugi Lahan Warga

“Yang paling utama adalah hari H. Bahwa hari itulah yang paling puncak dari seluruh tahapan pemilu. Harapannya kita, kerja-kerja relasi ini membantu peningkatan partisipasi masyarakat,” lanjutnya.

Dia juga menyebutkan bahwa kegiatan pembekalan ini difasilitasi oleh Jaringan Demokrasi Indonesia yang bekerjasama dengan KPU Provinsi Sulsel. Untuk hari ini, Nurbaeti dan Rahmawati menjadi pembicara.

Baca Juga  IGI Berduka, Satu Guru Tewas Tertimbun Longsor

“Mereka fasilitator dari KPU Provinsi,” ucapnya.