Sosialisasi UU Pemilu, Azikin Solthan Tekankan Pentingnya Data Pemilih

Suriadi
Suriadi

Senin, 04 Maret 2019 19:26

Sosialisasi UU Pemilu, Azikin Solthan Tekankan Pentingnya Data Pemilih

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Anggota DPR RI, Azikin Solthan melakukan sosialisasi UU nomor 7 tahun 2017 di Raising Hotel, Makassar, Senin, 4 Maret. Kegiatan sosialisasi ini juga menghadirkan ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi.

Kegiatan sosialisasi ini digelar oleh Bawaslu RI. Sejumlah aktivis dan pemerhati pemilu serta tokoh masyarakat Makassar hadir dalam sosialisasi itu.

Dalam kesempatan itu, Azikin Solthan banyak menjelaskan tentang perjalanan pembahasan Undang-undang nomor 7 tahun 2017. Dia menyebut, regulasi ini adalah perpaduan dari tiga regulasi yang sudah ada. Ketiganya adalah UU penyelenggara pemilu, UU pemilihan legislatif dan UU Pemilihan Presiden.

“Inilah wajar saja, jika perjalanan pembahasan undang-undang ini begitu melelahkan dan menyita banyak waktu,” jelas anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra ini.

Dia juga membeberkan beberapa poin yang menjadi problematika pemilu. Problematika itu antara lain adalah pemutakhiran daftar pemilih. Menurutnya, daftar pemilih ini bisa menjadi biang masalah dalam Pemilu.

“Inilah yang perlu dijaga dengan baik. Agar tidak ada masalah sejak awal,” jelas dia.

Problematika lainnya adalah sistem pemilu dan politik uang. Selanjutnya juga adalah akuntabilitas penyelenggaraan, serta netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Problematika yang terakhir adalah integritas proses dan hasil pilkada, pemilu dan pilpres
,” jelas dia.

Dia berharap, sistem yang dibangun melalui UU nomor 7 tahun 2017 akan membawa pemilu semakin berkualitas dan baik. “Kita berharap ini menjadi pintu masuk terwujudnya masyarakat adil dan makmur,” jelas dia.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...
News27 Maret 2024 23:48
Yeni Rahman Ajak Warga Makassar Untuk Dalami Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan
Yeni Rahman, Anggota DPRD Kota Makassar, mengajak warga Kota Makassar untuk lebih mendalami Al-Qur'an, terutama dalam bulan suci Ramadan....
News27 Maret 2024 23:37
Masyarakat Biringbulu Bangga Terhadap Pembangunan Pos Pelayanan Publik
Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabuaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul...