Danny Didaulat Jadi Pembicara di HUT Otonomi Daerah ke-25

Suriadi
Suriadi

Jumat, 23 April 2021 19:08

Wali Kota Makassar Danny Pomanto.
Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

TROTOAR.id, Makassar – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto didaulat menjadi pembicara di acara Talkshow Kementrian Dalam Negeri dalam rangka HUT Otonomi Daerah ke 25 Tahun, di Jakarta, Jumat (23/4/21).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa pandemi Covid-19, untuk masyatakat sehat, ekonomi bangkit, dan Indonesia maju”.

Danny menilai HUT Otonomi Daerah ke 25 ini sangat spesial. Sebab, kekuatan otonomi daerah diuji dengan adanya pandemi Covid-19. Utamanya hubungan, koordinasi dan percepatan antaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Danny melanjutkan” Program Makassar Recover memiliki 3 (tiga) sub yakni imunitas kesehatan, adaptasi sosial dan pemulihan ekonomi”.

“Jadi otonomi daerah saat ini diuji kekuatannya dengan adanya pandemi, antara pemimpin di pusat dan di daerah untuk menjaga Indonesia bersama-sama. Itu inti otonomi daerah di tengah kondisi pandemi saat ini,” ucap Danny. 

Dia menjelaskan bahwa otonomi daerah buah dari kemerdekaan. Dimana kemerdekaan mengahsilkan demokrasi dan demokrasi menghasilkan kekuasaan. 

Sehingga menurut dia, otonomi daerah adalah majunya demokrasi Indonesia. Meski dianggap belum sempurna, namun otonomi daerah juga merupakan bagian dari titik keseimbangan kekuasaan. 

“Dan otonomi daerah bagian dari pembagian kekuasaan ke daerah oleh pemerintah pusat yang akan membuat Indonesia ini maju,” ujar dia.

Ia pun memaknai otonomi daerah sama halnya dengan klub sepak bola. Ada tim, manager, pelatih dan pemain. 

“Striker ini dianalogikan sebagai kepala daerah, Insya Allah kita akan memenangkan pertarungan dengan pandemi,” sebutnya. 

Selain Danny, turut jadi pembicara yakni Dirjen Otda, Drs. Akmal Malik, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, Direktur KKPOD, Robert Endi Jaweng, Deputi Bidang Ekonomi Setwapres, Prof. Ahmad Erani Yustika. (Alam/Trotoar)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional18 Mei 2021 18:39
Melalui Kuasa Hukumnya, AS Tak Akan Ajukan Eksepsi
Trotoar.id, Makassar -- Melalui kuasa hukumnya Anggung Sucipto tidak akan mengajukan Eksepsi pada sidang tindak Pidana Korupsi di pengadilan Negeri Ti...
Daerah18 Mei 2021 18:25
Mendekati Standar WHO, Satgas Luwu Utara Genjot Testing COVID-19
Trotoar.id, Luwu Utara -- Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, optimistis pengendalian COVID-19 di Kabupaten Luwu Utara dapat berjalan dengan baik, ...
Metro18 Mei 2021 18:18
Pemerintah Kota Makassar Terima LHP LKPD Tahun Anggaran 2020 Dengan WDP Dari BPK RI Provinsi Sulsel
Trotoar.id, Makassar -- Pemerintah Kota Makassar menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Makassar...
Metro18 Mei 2021 16:16
150 Siswa Dikmata Satdik-2 Makassar Laksanakan Samapta Awal Pendidikan
Trotoar.id, Makassar -- Sebanyak Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL yang sedang menempuh pendidikan di Satuan Pendidikan-2 (Satdik-2) M...