UM Bulukumba Dapat Bantuan Dana Penelitian Dosen

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Selasa, 27 April 2021 22:02

Kampus Unismu Bulukumba
Kampus Unismu Bulukumba

TROTOAR.ID, BULUKUMBA — Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) menjadi salah satu perguruan tinggi LLDIKTI IX yang mendapatkan pendanaan untuk penelitian dosen pemula (PDP) dan PkM Program Kemitraan Masyarakat dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) untuk tahun 2021. Nilai dananya sebesar Rp208 juta, untuk Kategori Penelitian Kompetitif Nasional dan PkM.

Ketua LPPM UMB menyatakan, kategori Penelitian Kompetitif Nasional meliputi Skema Penelitian Dasar (PD), Skema Penelitian Terapan (PT), Skema Penelitian Pengembangan (PP), Skema Penelitian Dosen Pemula (PDP), Skema Penelitian Kerja Sama Antar-Perguruan Tinggi (PKPT), dan Skema Penelitian Pascasarjana (PPS).

“Ada 8 judul penelitian dari UMB yang telah disetujui pusat untuk mendapatkan pendanaan dari Kepala Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM Kemenristek/BRIN) dan saat ini 27/4/2021 Rektor UMB sedang di LLDIKTI melakukan penandatanganan kontrak penelitian dan PkM,” kata Jihad di Kampus II UMB, Selasa, 27 April 2021.

Selain itu, , untuk penelitian dengan Kesiapterapan Teknologi (TKT) tujuh nantinya bisa berkembang menjadi inovasi yang diharapkan bisa bekerja sama dengan industri agar bisa diaplikasikan ke masyarakat.

Selain itu, kata Jihad, untuk penelitian dengan Kesiapterapan Teknologi (TKT) 1 s.d.3 nantinya bisa berkembang menjadi pengembangan dan luaran utamanya di jurnal terkareditasi Sinta 1 s.d. 6.

Dengan pendanaan yang diperoleh, Rektor UMB berharap bisa berkontribusi dalam meningkatkan reputasi UMB di kancah nasional dan internasional mengingat UMB merupakan universitas yang baru dan diresmikan pada tahun 2019.

Penelitian nanti output nya adalah publikasi di jurnal terakreditasi dan melalui jurnal internasional terindeks scopus dan Webs of Sciences yang akan berpengaruh pada reputasi atau peringkat UMB di kancah nasional.

Sebelumnya, Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro telah mengumumkan pendanaan penelitian dan PkM secara live dan hasil pengumuman dapat dilihat di SIMLITABMAS.

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Ini Kuota CPNS dan PPPK Untuk Pemprov Sulsel 2021
Metro08 Mei 2021 23:48
Ini Kuota CPNS dan PPPK Untuk Pemprov Sulsel 2021
Trotoar.id, Makassar -- Pemerintah telah mengumumkan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipili untuk setiap daerah. Sulsel sendiri sebagai salah ...
Jukir Liar Marak Jelang Lebaran, PD Parkir Jangan Kasi Uang, Atau Laporkan
Metro08 Mei 2021 23:24
Jukir Liar Marak Jelang Lebaran, PD Parkir Jangan Kasi Uang, Atau Laporkan
TROTOAR.ID, MAKASSAR -- Jelang lebaran sejumlah pusat perbelanjaan di kota Makassar diserbu warga untuk memenuhi kebutuhan lebaran 1442 Hijriah. Kes...
DPRD Makassar: Jamaah Shalat Id Dibatasi 50 Persen dalam Masjid, Tidak Ada Open House dan Halal Bihalal
News08 Mei 2021 21:25
DPRD Makassar: Jamaah Shalat Id Dibatasi 50 Persen dalam Masjid, Tidak Ada Open House dan Halal Bihalal
TROTOAR.id, Makassar – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto menghimbau agar perayaan idul Fitri tahun ini berbasis RW, hal ini d...
Mahasiswa Olahraga Tolak Kompetisi Liga Tanpa Degradasi
News08 Mei 2021 21:06
Mahasiswa Olahraga Tolak Kompetisi Liga Tanpa Degradasi
TROTOAR. ID, MAKASSAR -- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Olahraga Indonesia (DPP IMORI), Fadly Idris menyampaikan penolakan atas Waca...