Wabup Jeneponto Paris Yasir Buka Secara Resmi Pelatihan Pemandu Wisata Budaya

Awal Nur
Awal Nur

Senin, 21 Juni 2021 23:24

Trotoar.id
Trotoar.id

TROTOR.ID,MAKASSAR—Wakil bupati H Paris Yasir membuka secara resmi kegiatan pelatihan pemandu wisata budaya (Cagar Budaya) oleh dinas pariwisata kabupaten Jeneponto di hotel La’riz Wthree Lagaligo Makassar, Senin (21/6/2021).

“Kalau bukan kita yang menghargai budaya sendiri lalu siapa lagi? Kalau bukan sekarang lalu kapan lagi?,” Demikian ungkapan bijak yang disampaikan wakil bupati Jeneponto H. Paris Yasir dalam sambutan pembukaan pelatihan pemandu wisata budaya (cagar budaya) senin malam Senin (21/6/2021) di Hotel La’riz Wthree Jalan Lagaligo Makassar.

“Bicara mengenai cagar budaya yang harus dilestarikan sepertinya sebuah hal yang susah-susah gampang dibahasnya, butuh keseriusan dan kerjasama secara konsisten untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat,” ujar Wabup dalam sambutan.

Di tempat yang sama Kepala dinas pariwisata Kabupaten Jeneponto Elly Isriani Arief SH M Si dalam sambutan menyebut warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air sangat perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan agama.

Elly Isriani menambahkan jeneponto sebagai daerah dengan latar belakang historis yang panjang memiliki potensi wisata besar jika dikelola secara profesional, konsisten dan terarah.

“Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, serta Kawasan Cagar Budaya semuanya dimiliki kabupaten berjuluk butta Turatea tersebut,” jelas Kadis.

terhitung Sebanyak 40 orang peserta dengan latar belakang profesi sebagai pengelola cagar budaya dan pegiat seni mengikuti pelatihan selama 3(tiga) hari dengan komposisi 30 persen teori serta 70 persen lainnya praktek 

“Kegiatan ini lebih dititik beratkan pada praktek dilapangan secara langsung dengan harapan nantinya para peserta memiliki skill yang baik sebagai pemandu wisata di tempatnya masing-masing,” pungkas Kadis.

turut hadir ketua DPRD H Arifuddin, Ketua Komisi IV, kadis pendidikan dan kebudayaan serta kabid humas Jeneponto. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...