4 Kecamatan Terendam Banjir di Jeneponto, Berikut Rincian Dampaknya

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Kamis, 08 Juli 2021 17:06

Saat Bupati menemui warganya yang terdampak banjir, Kamis (8/7).
Saat Bupati menemui warganya yang terdampak banjir, Kamis (8/7).

TROTOAR.ID, JENEPONTO – Satu Jam setelah menerima laporan, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, didampingi Sekda Jeneponto Syafruddin Nurdin dan Kepala OPD bergerak cepat melihat langsung keadaan masyarakat korban banjir di Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Kamis (08/7/2021)

Kamis 8 Juli 2021, tepat pukul 06.00 WITA pagi, Bupati menerima laporan terkait banjir yang terjadi di empat kecamatan yakni Binamu, Arungkeke, Batang dan Tarowang.

Usai menerima laporan tersebut Bupati Iksan Iskandar memanggil OPD teknis serta Forkopimda dan langsung melakukan briefing di ruang kerjanya di rumah jabatan dengan bahasan khusus mengenai solusi penanganan banjir yang tengah melanda Jeneponto.

Tak berselang lama bupati bersama peserta briefing langsung menuju lokasi untuk meninjau keadaan masyarakat yang berada di desa tarowang dan memastikan kondisi lapangan serta  jumlah korban yang terdampak.

Pemkab Jeneponto melaporkan tiga wilayah terdampak banjir. Di mana Kecamatan Tarowang adalah yang terparah dengan melihat tingkat kerusakan rumah penduduk dan fasilitas umum.

Bupati Iksan Iskandar langsung berdialog dengan warga yang terdampak terkait kronologis serta kerugian yang ditimbulkan oleh terjangan banjir yang terjadi dinihari tadi.

Selanjutnya bupati Iksan Iskandar bersama rombongan berjalan menyusuri lokasi termasuk rumah warga dan fasilitas umum yang rusak.

Di lokasi yang masih tergenang banjir dan lumpur bupati kemudian memberikan semangat sekaligus merasakan duka yang dialami warganya, “Sabarki Insya Allah ada hikmahnya dan pemerintah akan segera membantu meringankan beban ta semua,” ujar Bupati.

Bupati Jeneponto 2 periode itu juga meninjau dapur umum yang telah dibangun oleh Dinas Sosial untuk memastikan kebutuhan makan/minum warga yang terdampak dapat terpenuhi, Bupat juga memerintahkan Kepala BPBD Jeneponto Ikrar Iskandar untuk segera menurunkan bantuan kepada masyarakat.

Setelah mendapatkan data sementara dari pemerintah setempat Bupati Iksan Iskandar berkoordinasi dengan Plt. Gubernur Sudirman Sulaiman dengan melaporkan kejadian yang terjadi di Jeneponto.

Dari data sementara kerusakan terjadi di beberapa wilayah dengan rincian :

Kecamatan Tarowang 

– 5 unit kantor (puskesmas, sekolah, UPTD)

– 2 unit mobil 

– 8 unit motor 

– 5 unit kios warga 

– 13 rumah rusak parah 

Kecamatan Batang (Desa Maccini Baji)  

– 2 rumah rusak parah

– 8 rumah rusak ringan 

Kecamatan Binamu

– 26 rumah terendam (kelurahan Balang Toa)  

– 15 rumah terendam (kelurahan Balang) 

Kecamatan Arungkeke  

– 3 rumah rusak ringan (Desa Lassang-lassang)

– 1 rumah rusak ringan(Desa Kalumpang Lompoa)

(Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional25 Juli 2021 22:44
Bupati Lutra Terbitkan Surat Edaran Penerapan PPKM Level 3. Ini 14 Poin yang Wajib Diketahui
Trotoar.id, Luwu Utara --- Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 360/184/BPBD/VII/2021 tentang Penera...
Metro25 Juli 2021 22:14
Wahab: Komisi D Akan Perjuangkan Intensif Nakes
Trotoar.Id, Makassar - Ketua Komisi D DPRD Makassar Wahab Tahir beri atensi khusus pada tunjangan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) khususnya yang menang...
Daerah25 Juli 2021 17:59
Pemulihan Ekonomi Nasional, Pelaku UMKM Kecamatan Larompong Selatan Ikuti Pelatihan Packaging
Trotoar.idq, Makassar -- Masa pandemi Covid-19 banyak memberikan dampak di berbagai sektor, salah satunya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menenga...