4 Kecamatan Terendam Banjir di Jeneponto, Berikut Rincian Dampaknya

Awal Nur
Awal Nur

Kamis, 08 Juli 2021 17:06

Saat Bupati menemui warganya yang terdampak banjir, Kamis (8/7).
Saat Bupati menemui warganya yang terdampak banjir, Kamis (8/7).

TROTOAR.ID, JENEPONTO – Satu Jam setelah menerima laporan, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, didampingi Sekda Jeneponto Syafruddin Nurdin dan Kepala OPD bergerak cepat melihat langsung keadaan masyarakat korban banjir di Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Kamis (08/7/2021)

Kamis 8 Juli 2021, tepat pukul 06.00 WITA pagi, Bupati menerima laporan terkait banjir yang terjadi di empat kecamatan yakni Binamu, Arungkeke, Batang dan Tarowang.

Usai menerima laporan tersebut Bupati Iksan Iskandar memanggil OPD teknis serta Forkopimda dan langsung melakukan briefing di ruang kerjanya di rumah jabatan dengan bahasan khusus mengenai solusi penanganan banjir yang tengah melanda Jeneponto.

Tak berselang lama bupati bersama peserta briefing langsung menuju lokasi untuk meninjau keadaan masyarakat yang berada di desa tarowang dan memastikan kondisi lapangan serta  jumlah korban yang terdampak.

Pemkab Jeneponto melaporkan tiga wilayah terdampak banjir. Di mana Kecamatan Tarowang adalah yang terparah dengan melihat tingkat kerusakan rumah penduduk dan fasilitas umum.

Bupati Iksan Iskandar langsung berdialog dengan warga yang terdampak terkait kronologis serta kerugian yang ditimbulkan oleh terjangan banjir yang terjadi dinihari tadi.

Selanjutnya bupati Iksan Iskandar bersama rombongan berjalan menyusuri lokasi termasuk rumah warga dan fasilitas umum yang rusak.

Di lokasi yang masih tergenang banjir dan lumpur bupati kemudian memberikan semangat sekaligus merasakan duka yang dialami warganya, “Sabarki Insya Allah ada hikmahnya dan pemerintah akan segera membantu meringankan beban ta semua,” ujar Bupati.

Bupati Jeneponto 2 periode itu juga meninjau dapur umum yang telah dibangun oleh Dinas Sosial untuk memastikan kebutuhan makan/minum warga yang terdampak dapat terpenuhi, Bupat juga memerintahkan Kepala BPBD Jeneponto Ikrar Iskandar untuk segera menurunkan bantuan kepada masyarakat.

Setelah mendapatkan data sementara dari pemerintah setempat Bupati Iksan Iskandar berkoordinasi dengan Plt. Gubernur Sudirman Sulaiman dengan melaporkan kejadian yang terjadi di Jeneponto.

Dari data sementara kerusakan terjadi di beberapa wilayah dengan rincian :

Kecamatan Tarowang 

– 5 unit kantor (puskesmas, sekolah, UPTD)

– 2 unit mobil 

– 8 unit motor 

– 5 unit kios warga 

– 13 rumah rusak parah 

Kecamatan Batang (Desa Maccini Baji)  

– 2 rumah rusak parah

– 8 rumah rusak ringan 

Kecamatan Binamu

– 26 rumah terendam (kelurahan Balang Toa)  

– 15 rumah terendam (kelurahan Balang) 

Kecamatan Arungkeke  

– 3 rumah rusak ringan (Desa Lassang-lassang)

– 1 rumah rusak ringan(Desa Kalumpang Lompoa)

(Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...
Metro28 Maret 2024 16:43
PJ Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pengamanan Mudik Idul Fitri
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 guna memastikan arus m...
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi KWN Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...