Aktivitas PT Wastec International Diduga Cemarkan Udara, HMI Cabang Gowa Raya: Segera Hentikan!

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Selasa, 13 Juli 2021 16:25

Rekaman aktivitas PT Wastec International, (tangkapan layar). [Alam/trotoar]
Rekaman aktivitas PT Wastec International, (tangkapan layar). [Alam/trotoar]

TROTOAR.ID, MAKASSAR – Dugaan adanya pencemaran udara dari PT Wastec International yang terletak di Jalan Kima Raya I No 5, Daya, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan pengolahan limbah B3 di Indonesia. 

Terlihat dari pantauan warga melalui rekaman video amatir cerobong asap yang diduga milik PT Wastec International mengeluarkan asap hitam tebal. 

Adanya asap hitam tebal yang keluar dari cerobong asap diduga berasal dari proses pembakaran/pemusnahan limbah di insinerator. 

Indikasi ini diduga karena pembakaran yang dilakukan secara tidak sempurna atau dengan koefisien pembakaran di bawah 99%.

Rekaman aktivitas PT Wastec International, (tangkapan layar). [Alam/trotoar]

Secara teoritis, insinerator yang digunakan tidak mencapai suhu 800-1200 seperti yang dipersyaratkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada PP Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. 

Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Pengembangan Sumber Daya Alam (PSDA) HMI Cabang Gowa Raya, Rahmat menerangkan bahwa ada indikasi atau dugaan asap hitam dan tebal yang keluar dari cerobong diduga tidak memenuhi persyaratan baku mutu emisi usaha/atau kegiatan pengolahan sampah secara termal pada Permen LHK Nomor P.70 tahun 2016.

Rahmat yang juga merupakan Alumni Paralegal Gakkum KLHK meminta kepada instansi yang berwenang yaitu Panitia Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) Provinsi Sulawesi Selatan dan Balai Pengawasan dan Penegakan Hukum KLHK Sulawesi untuk melakukan tinjauan lapangan dan audit kepada PT Wastec International karena dugaan sementara pencemaran udara yang dilakukan dan memberhentikan sementara proses yang dilakukan di dalam pabrik sehingga tidak ada dampak terhadap kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar

“HMI Cabang Gowa Raya meminta kepada instansi yang berwenang seperti PPLH DPLH Provinsi Sulawesi Selatan dan Balai Gakkum KLHK serta aparat hukum untuk melakukan tinjauan langsung dan audit kepada PT Wastec International karena dugaan sementara terkait pencemaran udara dari cerobong asap yang meresahkan warga sekitar,” kunci Rahmat. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional23 Juli 2021 22:41
Tutup Akses Rumah Mengaji, PAN Akan Jatuhkan Sanksi Kepada Amiruddin
Trotoar.id, Makassar -- Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kabupaten Pangkep Amiruddin menutup akses pintu masuk ke rumah tahfiz Alquran...
Daerah23 Juli 2021 21:46
Menuju TOP 45, Inovasi Getar Dilan Sukses Lewati Tahapan Verlap
Trotoar.id, Luwu Utara --- Verifikasi dan Observasi Lapangan (Verlap) terhadap inovasi Getar Dilan alias Gerakan Tanam Sayur di Lahan Pekarangan usai ...