Pemda Luwu Utara

Indah Putri Indriani: Tingkatkan Kualitas LPPD untuk Penguatan Kinerja Pemerintah

Awal Nur
Awal Nur

Kamis, 01 Februari 2024 15:55

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) guna memperkuat kinerja pemerintah.
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) guna memperkuat kinerja pemerintah.

Trotoar.id, Luwu Utara— Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) guna memperkuat kinerja pemerintah.

Hal ini disampaikan saat membuka kegiatan Penguatan Capaian LPPD, Pelaksanaan Coaching Clinic, dan Sosialisasi Permendagri 18 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan LPPD Kabupaten Luwu Utara T.A 2023, pada Kamis (1/2/2024).

Bupati Indah menyatakan bahwa LPPD tidak hanya sekadar rutinitas tahunan, melainkan harus mencerminkan kinerja pemerintah secara akuntabel dan menyeluruh.

Dalam pengembangan LPPD, Bupati berharap adanya peningkatan kualitas dari tahun ke tahun, bukan sekadar pencapaian jadwal pelaporan.

“Kualitas LPPD harus semakin baik dan benar-benar menggambarkan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Luwu Utara. Ini bukan hanya untuk memenuhi kewajiban pelaporan, tetapi sebagai alat evaluasi yang jujur dan menyeluruh,” ujar Indah Putri Indriani.

Bupati Indah menyoroti pentingnya penyertaan data pendukung dalam LPPD dan menegaskan agar perangkat daerah memiliki komitmen tinggi dalam menyediakan data yang akurat. Selain itu, ia berpesan agar pengisian indikator dilakukan sesuai dengan kondisi riil yang ada di lapangan.

Pada kesempatan tersebut, Plh. Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Ditjen Otoda Kementerian Dalam Negeri, Imelda, memberikan apresiasi atas komitmen dan dukungan Bupati Luwu Utara dalam pengembangan LPPD.

Imelda menyampaikan harapannya agar Luwu Utara dapat mencapai peringkat tinggi dalam evaluasi LPPD nasional.

“Kami berterima kasih karena Ibu Bupati menghadirkan langsung pimpinan perangkat daerah sebagai wujud dukungan dan komitmen. Kami berharap Luwu Utara bisa mencapai peringkat tertinggi untuk mendapatkan penghargaan dari Presiden RI,” ungkap Imelda.

Dengan adanya kegiatan penguatan LPPD, diharapkan proses penyusunan dan evaluasi LPPD di Kabupaten Luwu Utara semakin transparan, akurat, dan menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kinerja pemerintah daerah.

 Komentar

Berita Terbaru
News26 Februari 2024 18:58
Pimpin Upacara Perdana, Pj Bupati Luwu : Santai, Serius Dan Selesaikan
Bupati Luwu Muh Saleh, setelah dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Luwu untuk pertama kalinya memimpin upacara bendera di lapangan upacara kantor B...
News26 Februari 2024 18:53
Wakil Ketua DPRD Sulsel Minta BPBD Sulsel Prioritaskan Penanganan Longsor di Luwu: 
Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, menginstruksikan untuk segera melakukan penanganan terha...
News26 Februari 2024 16:41
Hadiri RAT Koperasi Berkat, Andi Makkasau Puji Kinerja Bupati Andi Utta
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat Bulukumba menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk Tahun Buku 2023, di Ballroom Ammatoa Hotel Agri Bulukumba....
Politik26 Februari 2024 16:36
Nasdem Mendominasi Perolehan Suara, PKB, PDIP, PAN Gagal Raih Kursi di Dapil Sulsel 9
Persaingan politik di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan (Sulsel) 9 yang terdiri dari tiga kabupaten Pinrang, Sidrap dan Enrekang  harus mener...