Gowa Canangkan Gerakan SADARI di 697 Titik

Suriadi
Suriadi

Sabtu, 11 November 2017 18:37

Gowa Canangkan Gerakan SADARI di 697 Titik

 

Trotoar.id, GOWA—–Dalam rangkaian Hari Jadi Gowa Ke-697 Tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melakukan pencanangan Gerakan Sadari (Periksa Payudara Sendiri) yang dipusatkan di Puskesmas Bajeng, Sabtu (11/11) pagi.

Gerakan Sadari yang diprakarsai Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa ini secara serentak juga dicanangkan di 18 kecamata se-Kabupaten Gowa yang tersebar di 697 titik.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr H Hasanuddin mengatakan, kanker payudara merupakan penyakit terbesar kedua di dunia yang diderita oleh wanita setelah kanker mulut rahim.

“Gerakan Sadari ini untuk meningkatkan pengetahuan para perempuan dalam upaya mendeteksi kanker payudara sejak dini secara mandiri bagi mereka yang berusia 15 hingga 49 tahun yang masuk dalam usia subur dan pasangan usia subur,” katanya.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf yang mencanangkan gerakan ini menegaskan bahwa PKK Kabupaten Gowa sangat mendukung program masyarakat sehat dengan melakukan Gerakan Sadari 697 bagi para perempuan di Kabupaten Gowa untuk menekan angka penderita kanker payudara.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf yang mencanangkan gerakan ini menegaskan bahwa PKK Kabupaten Gowa sangat mendukung program masyarakat sehat dengan melakukan Gerakan Sadari 697 bagi para perempuan di Kabupaten Gowa untuk menekan angka penderita kanker payudara.

“Gerakan Sadari 697 ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para perempuan mendeteksi dini payudara sendiri agar dapat mengetahui gejala penyakit kanker payudara dan dapat terhindar dari penyakit tersebut dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan,” jelas ibu Wabup Gowa.

Hj Mussadiyah Rauf memaparkan, untuk pencegahan dari hal-hal yangg tidak kita inginkan maka perlu dihindai merokok, makanan berlemak, rendah serat dan banyak pengawet, mendapatkan haid pertama kurang dari 12 tahun, menopouse setelah 50 tahun, tidak pernah menyusui anak, melahirkan anak pertama setelah umur 35 tahun dan pernah mengalami kelainan payudara disebabkan kelainan tumor.

“Kita sebagai perempuan harus mawas diri dan melakukan deteksi kanker serviks dan payudara melalui berbagai pemeriksaan khususnya pemeriksaan sendiri sejak dini,” pesan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa kepada para pengurus dan kader PKK serta masyarakat yang hadir pada pencanangan Gerakan Sadari 697 Titik. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro29 Mei 2024 19:17
Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, y...
Politik23 Juni 2024 19:26
Ini Alasan PPP Dorong Pasangan AIA-Danny Pomanto di Pilgub Sulsel 2024
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Selatan mendorong pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras -Mohammad Ramd...
Politik23 Juni 2024 17:03
PPP Endorse Pasangan AIA-Danny Pomanto untuk Pilgub Sulsel 2024
Setelah sebelumnya Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dikabarkan berpasangan dengan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo atau Ilham Arief Sirajuddin, kini mun...
Daerah23 Juni 2024 15:19
Kolaborasi Pemkab, Kemenag, dan PKK untuk Cegah Stunting dari Hulu
Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, ...
Metro23 Juni 2024 14:37
Danny Pomanto Ramaikan Jalan Santai Sehat Bahagia Gereja Katolik Paroki ST Paulus Tello
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, turut meramaikan dan melepas kegiatan Jalan Santai Sehat Bahagia dalam rangka HUT ke-25 Tahun Gereja Katolik ...