Begini Cara Pemkab Gowa Tangani Warganya yang Sakit

Suriadi
Suriadi

Selasa, 19 Desember 2017 18:49

Begini Cara Pemkab Gowa Tangani Warganya yang Sakit

Trotoar.id, Gowa — Pemerintah Kabupaten Gowa, bertindak sigap saat mendapatkan informasi terkait adanya warga miskin yang sakit dan hanya melakukan perawatan di rumahnya. Salah seorang warga di Kelurahan Bontoparang, Kecamatan Parangloe, misalnya, dijemput tim kesehatan dari Pemkab Gowa karena menderita penyakit yang seharusnya dirawat secara intensif.

Warga atas nama Maruddin Dg Rani, dijemput pihak Dinas Kesehatan Gowa, untuk dirawat lebih intensif di Rumah Sakit Syekh Yusuf, Selasa (19/12/2017). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin, mengungkapnya, hal itu dilakukan pihaknya setelah Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, memerintahkan langsung mengecek kondisi kesehatan warga tersebut.

 

Menurutnya, Maruddin yang menderita penyakit diabetes sebenarnya sejak lama sudah disarankan untuk dirawat di Puskesmas terdekat. “Tapi yang bersangkutan menolak. Jadi semenjak penyakitnya ketahuan, pasien sudah dalam pebanganan PKM Parangloe. Tapi karena saat dibawah penanganan, ia menolak dirawat di puskesmas sehingga tetap dalam pemantauan pemerintah,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menuturkan, dirinya memerintahkan Dinas Kesehatan untuk menjemput Maruddin, karena informasi yang ia peroleh warga tersebut sudah sangat membutuhkan perawatan. “Saya dapat informasi jika warga tersebut butuh perawatan dan perhatian pemerintah, tapi setelah dicek ternyata warga ini memang dalam pemantauan pemerintah kecamatan dan kelurahan setempat,” ungkap Adnan.

Meskipun menolak untuk dirawat di rumah sakit, Adnan mengaku, meminta pihak Dinas Kesehatan, kecamatan dan kekurahan setempat untuk membujuknya agar mau dirawat. Pasalnya, sakit yang diderita memang sudah semestinya dirawat di rumah sakit.

Maruddin sendiri akhirnya setuju untuk dibawa dan dirawat di Rumah Sakit Syekh Yusuf setelah pihak Dinkes dibantu tokoh masyarakat setempat membujuknya agar mau dirawat. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro29 Mei 2024 19:17
Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, y...
Metro19 Juni 2024 20:38
Prof Zudan Apresiasi PT Vale yang Peduli Kesejahteraan Masyarakat
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan apresiasinya terhadap PT Vale yang sangat peduli terhadap keberlanjutan da...
Metro19 Juni 2024 18:19
Indira Yusuf Ismail Tinjau Posyandu Palm 5
Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, melakukan peninjauan ke Posyandu Palm 5 di Kelurahan Bara-baraya, Kecamatan Makassar, pada Rabu, 19 J...
Politik19 Juni 2024 18:06
AIA Disebut Juru Kunci Pertarungan di Pilgub Sulsel 2024
Dengan semakin dekatnya Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2024, nama Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) semakin mencuat sebagai tokoh kun...
Politik19 Juni 2024 18:01
Adnan Sambangi Markas Amran Sulaiman, Pengamat: Pertemuan Bersifat Spekulatif
Dinamika politik menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) semakin memanas. ...