Petani Berharap IlhamSAH Bisa Gairahkan Sektor Pertanian

Suriadi
Suriadi

Kamis, 01 Februari 2018 13:31

Petani Berharap IlhamSAH Bisa Gairahkan Sektor Pertanian

 

TROTOAR.ID, BANTAENG, — Dukungan terus mengalir untuk pasangan Bakal Cabup Bantaeng, Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH).

Di kelurahan Lembang Gantarangkeke Kecamatan Tompobulu, warga menganggap salah satu dari tiga program unggulan IlhamSAH dapat menjawab masalah terkhusus di sektor pertanian.

“Semua calon itu baik, tapi IlhamSAH yang akan membawa kesejahteraan bagi kami para petani” ungkap tokoh masyarakat Lembang Gantarangkeke, H. Muhlis.

Ia menuturkan, aktivitas warga Gantarangkeke mayoritas adalah petani. Asuransi pertanian akan sangat membantu kami apa bila terjadi kerugian pasca gagal panen.

“Inilah sosok yang akan meneruskan kesejahteraan petani di Kabupaten Bantaeng,” tambahnya.

Hal yang sama diungkapkan petani di Pa’taneteang, Kecamatan Tompobulu, Abdul Aziz. Dia mengatakan, setiap tahun produksi pertanian dan perkebunan warga di desa ini terus menurun. Kesejahteraan petani pun mulai terkikis.

Aziz mengaku, ada banyak hal yang membuat hasil perkebunan di Tompobulu menurun. Salah satunya adalah ketersediaan pupuk dan benih.

“Kalau musim tanam, pupuk dan benih mulai langka. Belum lagi kalau yang beredar itu pupuk palsu,” kata Aziz.

Dia menambahkan, karena kesulitan mendapatkan penghasilan, sebagian warga terpaksa harus berusaha mencari pekerjaan lain. “Makanya banyak yang merantau ke Malaysia,” jelas dia.

Dia menambahkan, warga di kecamatan ini juga berharap ada kemudahan di sektor pendidikan. Sejauh ini, memang telah banyak beasiswa dan pendidikan gratis. Tetapi warga harus mengeluarkan biaya yang besar untuk perlengkapan dan kebutuhan lainnya.

“Misalnya, mahasiswa yang kuliah, meski dapat beasiswa, tetapi harus tetap kesulitan karena dia membutuhkan biaya indekos yang mahal,” jelas dia.

Bakal Cabup Bantaeng, Ilham Azikin mengatakan, peningkatan kesejahteraan petani menjadi salah satu program unggulan pasangan IlhamSAH melalui asuransi pertanian dan jaminan ketersediaan pupuk dan benih secara gratis.

“Jika terpilih, maka tugas Pemerintah adalah menyusun keteraturan dan menjamin ketersediaan akan kebutuhan petani,” kata dia.

Dia mengatakan, saat ini infrastruktur yang ada di Bantaeng telah tersedia dengan baik. Oleh karena itu, saatnya pasangan IlhamSAH melanjutkan kejayaan bantaeng dengan peningkatan SDM.

Pendamping Ilham Azikin, Sahabuddin mengungkapkan peningkatan di sektor pertanian dan pemenuhan kebutuhan pendidikan merupakan program unggulan pasangan IlhamSAH. Program-program unggulan ini masih akan dijabarkan dalam visi dan misi pasangan IlhamSAH.

Pasangan IlhamSAH terus melakukan konsolidasi relawan di sejumlah titik di Bantaeng, Selasa 30 Januari. Tercatat ada lima titik konsolidasi yang dilakukan di Tompobulu.

“Masih ada penjabaran dari tiga program unggulan ini. Beberapa di antaranya akan menyentuh pendidikan di pesantren dan sekolah keagamaan lainnya,” jelas dia.

Dalam setiap pertemuan, Ilham Azikin dan Sahabuddin berinteraksi dengan warga. Keduanya menyampaikan program-program unggulan sekaligus menyerap aspirasi warga.(RIS)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro29 Mei 2024 19:17
Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, y...
Metro19 Juni 2024 20:38
Prof Zudan Apresiasi PT Vale yang Peduli Kesejahteraan Masyarakat
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan apresiasinya terhadap PT Vale yang sangat peduli terhadap keberlanjutan da...
Metro19 Juni 2024 18:19
Indira Yusuf Ismail Tinjau Posyandu Palm 5
Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, melakukan peninjauan ke Posyandu Palm 5 di Kelurahan Bara-baraya, Kecamatan Makassar, pada Rabu, 19 J...
Politik19 Juni 2024 18:06
AIA Disebut Juru Kunci Pertarungan di Pilgub Sulsel 2024
Dengan semakin dekatnya Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2024, nama Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) semakin mencuat sebagai tokoh kun...
Politik19 Juni 2024 18:01
Adnan Sambangi Markas Amran Sulaiman, Pengamat: Pertemuan Bersifat Spekulatif
Dinamika politik menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) semakin memanas. ...