Ini Tata Tertib Debat Capres dan Cawapres

0
505

TROTOAR.ID, JAKARTA — Jelang debat kandidat capres dan cawapres yang akan digelar malam nanti, sejumlah periapan telah dilakukan KPU< termasuk para kandidat yang nantinya akan berhadap-hadapan memaparkan konsep dalam mengatasi masalah hukum, Ham dan terorisme.

Namun meski demikian KPU RI juga dalam debat perdana mempersiapkan sejumlah aturan untuk mempermudah dan memperlancar jalannya proses debat capres dan cawapres perdana yang di gelar di Hote Bidakara, Pancoran Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019)

Dalam tata tertib KPU, jika kandidat pasangan capres dan cawapres tidak diperbolehkan untuk melakukan pemotongan pemaparan yang dilakukan lawan pasangan calon selama debat berlangsung.

Para kandidat juga disarankan tidak melakukan pertanyaan yang menyerang secara personal kandidat lain, dan setiap pertanyaam disesuaikan dengan tema debat pardana.

DIketahui dalam debat perdana kalini, KPU mengusung tema tentang persoalan Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Para pasangan calon nantinya dapat berbicara setelah moderator debat mempersilahkan paslon untuk berbicara, dan akan dihentikan sesuai dengan batas waktu yang di berikan kepada setiap pasangan calon.

Dalam debat kali ini kedua calon akan dipandi oleh mantan pembawa berita Ira Koesno dan Imam Priyono sebagai moderator.

Sementara tata tertib yang harus dipatuhi oleh tamu undangan dan pendukung masing-masing paslon adalah tidak diperkenankan meneriakkan yel-yel dan dilarang memprovokasi paslon.

Panitia dan petugas keamanan berhak mengambil tindakan tegas kepada pendukung yang dianggap tidak mematuhi tata tertib.