Buka Diklatpim III, Bupati Bantaeng: ini Bukan Formalitas untuk Promosi

Suriadi
Suriadi

Jumat, 19 Juli 2019 23:29

Buka Diklatpim III, Bupati Bantaeng: ini Bukan Formalitas untuk Promosi

TROTOAR.ID, BANTAENG — Pemerintah Kabupaten Bantaeng menggelar Diklat Kepemimpinan III di ruang pola kantor Bupati Bantaeng, Jumat, 18 Juli 2019. Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin membuka Diklatpim III tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menyebut jika DiklatPim III ini bukanlah sebuah formalitas untuk mendapatkan promosi jabatan. Menurutnya, Diklatpim III ini adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk upgrading kompetensi pejabat. Tujuannya, untuk memantau seperti apa kompetensi yang dimiliki peserta Diklatpim.

“Ini bukan bagian proses formalistik untuk promosi jabatan. Ini adalah ruang untuk kami memantau sejauh apa kompetensi peserta,” jelas dia.

Dia berharap semua peserta yang mengikuti Diklatpim III ini bisa melaksanakan kegiatan itu dengan sungguh-sungguh. Menurut dia, Diklatpim ini adalah salah satu proses untuk membentuk kepemimpinan seseorang.

“Sekarang ini, kita tidak bisa bergantung dengan logo dan simbol yang melekat pada kita untuk menjadi pemimpin. Kepemimpinan itu dibentuk oleh sebuah proses yang ada. Salah satunya adalah proses Diklatpim ini,” jelas dia.

Dia menambahkan, sebagai seorang pemimpin, peserta Diklatpim juga diajak untuk meningkatkan kepekaan. Kepekaan ini diharapkan bisa menjadi titik awal untuk inovasi mengatasi masalah yang ada pada masyarakat.

“Era saat ini menuntut leadership yang paripurna. Jangan sampai masyarakat lebih cepat menemu kenali persoalan lalu menyelesaikannya dibanding birokrasi,” jelas dia.

Dia berharap, setelah Diklatpim ini, maka akan terlahir pemimpin-pemimpin baru yang bisa menyelesaikan persoalan dengan cara-cara yang baru. Melalui Diklatpim ini, diharapkan dapat terlahir inovasi-inovasi baru untuk memecahkan persoalan yang muncul dimasyarakat.

“Tidak boleh ada lagi proses penyelesaian masalah yang konvensional. Haru ada daya inovasi di dalamnya. Yang membedakan kita hsri ini dengan 10 tahun yang lalu adalah proses percepatan penyelesaian masalah,” jelas dia.

Kegiatan Dilkatpim III ini digelar berkat kerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan. Ilham Azikin juga menitip pesan kepada BPSDM untuk melakukan proses Diklatpim ini secara ketat. “Kita titip peserta ini, kita berharap ini dilaksanakan sesuai regulasi. Tidak ada proses tawar-menawar dalam kegiatan ini,” jelas dia.

Kepala BPSDM Sulsel, Imran Jausi mengatakan, Diklatpim III ini adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk peningkatan SDM aparatur demi pencapaian visi dan misi pemerintah. Dia mengatakan, eselon III adalah sebuah tulang punggung pemerintahan. Oleh karena itu, proses seleksi harus dilakukan dengan cukup ketat.

“Jika ingin memotret dari bekalang seperti apa pemerintahan, apakah bengkok atau lurus, maka bisa melihat tulang punggungnya. Apakah lurus atau bengkok, itu bisa terlihat dari pejabat eselon III nya,” jelas doa.

Dia menambahkan, definisi kepemimpinan adalah sebuah kemampuan untuk memberikan pengaruh dengan tujuan untuk pembelajaran. Dengan begitu, melalui Diklatpim III ini, diharapkan bisa terlahir pemimpin-pemimpin baru di Bantaeng.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah19 April 2024 09:58
Peduli Korban Bencana Tanah Longsor, Nasdem Tana Toraja Berikan Bantuan
artai Nasdem Tana Toraja, di bawah pimpinan Evivana Rombe Datu, mengambil langkah cepat dalam menanggapi bencana alam tanah longsor yang baru-baru ini...
Daerah19 April 2024 09:50
Muh. Saleh Hadiri Acara Perkenalan dan Silaturahmi dengan Kajati Sulsel
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, M.Si, turut menghadiri acara perkenalan dan silaturahmi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Agus Salim,...
Metro19 April 2024 09:48
Sambut Kajati Baru, Pj Gubernur: Bangun Hubungan Melalui Pertemuan Silaturahmi
Suasana keceriaan menyertai acara perkenalan dan silaturahmi Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) baru Sulsel, Agus ...
Politik19 April 2024 09:43
Relawan Milenial Prabowo-Gibran Dukung ARM Maju Pilkada Makassar
Relawan Milenial Prabowo-Gibran di Makassar Mendukung Andi Rahmat Manggabarani sebagai Calon Wali Kota...