Nunung Sosialisasi Perda Kepemudaan di Hadapan Ratusan Warga

Suriadi
Suriadi

Kamis, 11 Februari 2021 17:53

Nunung Sosialisasi Perda Kepemudaan di Hadapan Ratusan Warga

TROTOAR.ID, MAKASSAR – Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar tentang Kepemudaan telah diundangkan sejak 2019.

Namun, regulasi ini dinilai belum sepenuhnya diketahui masyarakat luas padahal peran kaum muda sangat vital untuk Indonesia.

Hal itu disampaikan, Anggota DPRD Kota Makassar, Nunung Dasniar saat melaksanakan sosialisasi Perda nomor 6 Tahun 2019 tentang Kepemudaan di Hotel D’Maleo, Kamis (11/2).

“Saya ingin perkenalkan Perda Kepemudaan di Kota Makassar. Kenapa? Karena saya yakin anak muda di Makassar merupakan anak muda pilihan,” ujar Nunung Dasniar.

Kata Anggota DPRD Makassar dari Fraksi Gerindra ini, Perda tentang Kepemudaan merupakan kali kedua yang disebarluaskan dalam kegiatan Sosialisasi Perda. Sehingga, dirinya mengajak seluruh warga untuk mensosialisasikan aturan ini dilingkungannya.

“Saya ajak warga agar bisa membantu untuk sebarkan Perda ini. Saya apresiasi baik eksekutif maupun legislatif atas prakarsa membuat Perda ini,” paparnya.

Terpisah, Narasumber Kegiatan, Puspito menjelaskan, keberadaan pemuda sangat erat kaitannya dengan sejarah panjang Kemerdekaan Indonesia. Itu, bermula saat gerakan organisasi Budi Utomo 1908 dan puncaknya gerakan 1928.

“Pemuda ini lahir lalu kemudian berjuang untuk Kemerdekaan. Soekarno pernah bilang bahwa 10 pemuda bisa mengguncangkan dunia. Artinya, peran pemuda sangat penting,” tandas Popi—sapaan akrabnya.

Kata dia, peran pemuda di tengah masyarakat harus menjadi kontrol sosial dan agen perubahan. Perlu peran aktif pemuda agar tetap menjaga lingkungan utamanya di Kota Makassar.

“Perda Pemuda sebenarnya mau memberikan ruang seluas-luasnya kepada pemuda untuk mengembangkan dirinya. Ada upaya legalitas dan kelembagaan komunitas pemuda, itulah output yang dicari oleh Perda,” ungkapnya.

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...