Soal Laporan Keuangan Kota Parepare, Taufan Pawe Inginkan WTP

Awal Nur
Awal Nur

Jumat, 19 Maret 2021 23:38

Taufan Pawe menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Kota Parepare Tahun Anggaran 2020, di Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulsel, Jalan A. P. Pettarani, Jumat, (19/3/2021).
Taufan Pawe menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Kota Parepare Tahun Anggaran 2020, di Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulsel, Jalan A. P. Pettarani, Jumat, (19/3/2021).

TROTOAR.id—Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menghadiri Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Kota Parepare Tahun Anggaran 2020, di Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulsel, Jalan A. P. Pettarani, Jumat, 19 Maret 2021.

Adapun pejabat Pemkot Parepare yang mendampingi Taufan Pawe diantaranya Sekda Iwan Asaad, Inspektur Muhammad Husni Syam, Kepala Bappeda Syamsuddin Taha, Kepala Badan Keuangan Jamaluddin Ahmad, Dirut RSUD Andi Makkasau dr. Reny Anggreny, Dirut PDAM Firdaus Djollong, Plt Asisten III Eko Ariyadi, serta Tim Penyusun LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Kota Parepare Tahun Anggaran 2020.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengapresiasi BPK yang terus menjalankan perannya agar pengelolaan keuangan daerah dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik.

Tujuan pemeriksaan atas laporan keuangan adalah untuk memberikan pendapat/opini atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan.

“LKPD merupakan suatu bentuk bagian dari proses tata kelola pemerintahan. Yang dimana pemerintahan daerah berkewajiban untuk menyerahkan laporan keuangan itu dalam bentuk penyajian informasi terkait penggunaan dana-dana yang ada. Begitupun penerimaan-penerimaan keuangan daerah yang ada,” kata Taufan Pawe.

Atas penyerahan LKPD 2020 tersebut, Taufan Pawe berharap Pemkot Parepare kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Mengingat sejauh ini, pihaknya dalam mengelola aset-aset daerah terus berupaya dilakukan secara profesional. Apalagi Pemkot Parepare dibawah kendalinya akrab dengan raihan opini WTP.

“Kalau Parepare sudah memperoleh WTP sebanyak lima kali. Jadi kalau penyajian laporan keuangan baik dengan berpedoman dengan akuntansi pemerintahan yang ada dan aset yang dikelola dengan baik, Insyaallah kita bisa meraih WTP,” pungkasnya.

Acara ini juga bersamaan dengan penyerahan LKPD Kabupaten Barru yang juga dihadiri Bupati Barru Suardi Saleh. Diketahui, batas waktu penyerahan LKPD sampai 31 Maret 2021. Sementara pemerintah kabupaten/kota di Sulsel yang telah menyerahkan diantaranya Kota Palopo, Bone, Pinrang, Selayar, Makassar, Parepare dan Barru.***

Penulis : Lutfi

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...