Pemkab Sinjai Akan Lakukan Pendataan Keluarga 2021 Serentak Dilaksanakan Pada April

Suriadi
Suriadi

Minggu, 28 Maret 2021 04:41

Pemkab Sinjai Akan Lakukan Pendataan Keluarga 2021 Serentak Dilaksanakan Pada April

TROTOAR.id, Sinjai – Pelaksanaan Pendataan Keluarga 2021 akan dilaksanakan secara serentak di seluruh provinsi dan kabupaten di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Sinjai. Pendataan ini dijadwalkan pada 1 April hingga 31 Mei 2021 mendatang.

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2K) Sinjai, Haerani Dahlan.

Menurutnya, pendataan keluarga tahun 2021 akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan tujuan, mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data dan informasi mengenai pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana.

“Untuk persiapan kegiatan tersebut kita sudah melakukan orientasi pendataan keluarga tahun 2021 di tingkat provinsi. Kami dari DP3AP2K sudah mengirim empat orang untuk mengikuti orientasi,” ungkap Haerani, Minggu (28/3/2021) di Ruang Kerjanya.

Pasca orientasi di tingkat provinsi itu, kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan orientasi tingkat kabupaten selanjutnya di tingkat kecamatan.

“Dari hasil orientasi ini kita sudah memiliki tenaga untuk pendata sebanyak 534 kader dan 80 supervisor disemua desa dan kelurahan yang ada di Sinjai,” ujarnya.

Selain itu, DP3AP2K juga memiliki manajer pendataan keluarga yang menjadi koordinator, kemudian tenaga untuk operator pengelola data 9 orang.

“Didalam pendataan nantinya ada dua metode yang kita pakai. Pertama menggunakan aplikasi dan kedua menggunakan formulir. Untuk aplikasi kita khususkan untuk Kecamatan Sinjai Utara, karena kami anggap Sinjai Utara jaringan internet lumayan bagus,” kata Haerani.

Asisten III Setdakab Sinjai menambahkan, khusus tahun 2021 pendataan keluarga agak berbeda sedikit dengan tiga tahun sebelumnya. Sebab pada tahun ini ada formulir tambahan yang dijadikan pelengkap yakni, formulir bagaimana tingkat pertumbuhan anak.

Khusus untuk Kabupaten Sinjai kata Haerani, target keluarga yang akan di data sebanyak 69.193 kepala keluarga. (Irs/Rls/Trotoar)

 Komentar

Berita Terbaru
News09 Mei 2021 23:26
Danny Sebut Pembangunan Masjid Al Ansar Terinspirasi Masjid Taj Mahal
TROTOAR.id—Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri peletakan batu pertama pembangunan masjid Al Anshar dan pesantren perguruan Islam...
Advetorial09 Mei 2021 22:21
Shalat Id Dilakukan di Masjid Tidak Boleh Lapangan, Kepala Kemenag Sinjai: Akan Dikeluarkan Surat Edaran
TROTOAR.id—Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sinjai, Lukman Mannan menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah d...
Daerah09 Mei 2021 22:18
Wakil Bupati Suaib Mansur Beri Motivasi Umat Hindu di Kecamatan Sukamaju
Trotoar.Id, Luwu Utara -- Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, menghadiri kegiatan Rapat Adat Umat Hindu, Minggu (9/5/2021), di Desa Lampuawa dan M...
Ekonomi09 Mei 2021 22:14
Caketum Kadin Ngopi Bersama Pengusaha Sulsel di Megazone
TROTOAR.ID, MAKASSAR -- Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Anindya Bakrie menggelar buka puasa adam Ngopi bersama dengan pengurus Kadi...