Bupati Sinjai Ingin Melahirkan Lebih Banyak Generasi Qurani

Suriadi
Suriadi

Minggu, 11 April 2021 11:43

Bupati Sinjai Ingin Melahirkan Lebih Banyak Generasi Qurani

TROTOAR.id – Berbagai program di sektor keagamaan sudah dinikmati oleh masyarakat Sinjai, mulai dari pemberian insentif bagi petugas keagamaan,  pemberian dana hibah untuk pondok pesantren, dana hibah untuk masjid hingga mencetak hafiz 20 orang per tahun. 

Tidak berhenti sampai disitu, Pemkab Sinjai melalui buah pemikiran dari Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA)  kembali mencetuskan inovasi program mencetak atau melahirkan 2 hafiz di setiap desa dan kelurahan yang diberi nama program “Panrita Kitta”.

Program ini akan dimulai pada bulan juli atau tahun ajaran baru 2021/2022, dimana untuk angkatan pertama ini akan dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Ihsan desa Salohe Kecamatan Sinjai Timur. 

Salah satu pembina Ponpes Darul Ihsan, Ahmad Mumtazar saat ditemui, Selasa (6/04/21) mengatakan bahwa animo desa untuk mengikuti program yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa ini disambut baik. 

Terbukti hingga kini sudah ada puluhan desa di Kabupaten Sinjai yang sudah mendaftarkan warganya untuk ikut serta dalam program Panrita Kitta, bahkan ada desa yang mengutus warganya lebih dari dua orang.

“Saat ini kita gencar sosialisasikan program ini ke seluruh desa dan kelurahan. Alhamdulillah sudah ada puluhan desa/kelurahan yang sudah mendaftarkan warganya,  bahkan ada desa yang mendaftarkan 3 hingga 4 peserta, seperti contohnya desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan mengutus 3 warganya dengan alasan ada pemerataan karena disana ada 3 dusun,” ungkapnya. 

Program Panrita Kitta ini lanjut Ahmad akan berjalan selama tiga tahun, bukan hanya diharapkan mampu menghafal Al-Qur’an tetapi para peserta juga akan mempelajari bahasa arab, bahasa inggris hingga kitab kuning atau kitab gundul. Selain itu, para peserta akan diasramakan serta mendapatkan uang saku tiap bulan. 

“Seperti sekolah formal program ini akan berjalan selama tiga tahun, tahun pertama diharapkan mampu menghafal Al-Qur’an 30 juz,  tahun kedua fokus pada bahasa arab dan inggris serta tahun ketiga fokus pada kitab gundul atau kitab kuning,” ujarnya. 

Menurut Ahmad program ini merupakan pemikiran yang berlian dari Bupati ASA sebab sangat jarang daerah lain untuk bisa melahirkan program seperti ini. 

“Saya kira ini pemikiran yang brilian dari Bapak Bupati kita karena sangat jarang dan bahkan belum ada daerah lain melakukan program ini,  kalaupun ada hanya program 1 desa 1 hafiz,  sedangkan kita di Sinjai 2 hafiz 1 desa,” tuturnya. 

Ia menambahkan bahwa output dari program ini sangat bagus sebab bisa melahirkan santri yang mampu menjadi imam masjid maupun imam desa sehingga Sinjai tidak akan kekurangan para penghafal Al-Qur’an. 

Terkait hal ini Bupati ASA menyampaikan bahwa program Panrita Kitta akan bersanding bersama program keumatan lainnya yakni melahirkan 20 hafiz tiap tahun yang sudah berjalan selama dua tahun terakhir.

“Program ini lahir karena kami melihat program tahfiz yang sudah berjalan selama ini animo masyarakat sangat tinggi, banyak anak-anak kita yang ingin mengikuti program tahfidz ini tapi terbatas jumlahnya sehingga kami mencoba untuk bekerjasama dengan Pemerintah desa agar lebih banyak lagi generasi muda kita yang hafal Al-Qur’an,” jelas Bupati. 

Bahkan, lulusan Magister Monash University Melbourne Australia ini mengatakan bahwa santri dari program tahfidz maupun program Panrita Kitta yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi, Pemkab Sinjai kembali menanggung biaya kuliah melalui program beasiswa berprestasi yang disiapkan tiap tahun. 

Melalui program ini juga kata Bupati ASA, selain untuk memberantas buta huruf Al-Qur’an di Sinjai, juga dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berlandaskan iman dan takwa.

“Insya Allah program seperti akan terus kita lanjutkan dan bahkan kami akan tingkatkan jumlahnya di tahun-tahun mendatang,” tuturnya. (Adhy/Trotoar)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...