Dinkes Sinjai Gelar Rapat Koordinasi Terkait TBC

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Selasa, 25 Mei 2021 16:02

Dinkes Sinjai Gelar Rapat Koordinasi Terkait TBC

TROTOAR, SINJAI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai menggelar pertemuan koordinasi Investigasi Kontak Tuberkulosis (TBC). Kegiatan ini berlangsung di Aula Pertemuan Hotel Rofina, Selasa (24/5/2021) pagi.

Koordinasi ini diikuti oleh pengelola program TBC, laboran, dan kader kesehatan perwakilan masing-masing puskesmas. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik pertemuan ini dilaksanakan karena selama dengan adanya pandemi Covid-19 target di tahun 2020 mengalami penurunan.

“Mungkin karena masyarakat takut untuk datang ketempat pelayanan, sehingga untuk penemuan kasus ini kita sangat berkurang,” ungkapnya.

Kaitan dengan hal itu, dr. Emmy ingin meningkatkan kembali capaian-capaian program TB. Itulah sebabnya, pertemuan yang digelar itu sangat penting dilakukan untuk menyatukan persepsi.

“Kita ingin meningkatkan lagi kembali kita punya capaian program TB, sehingga kami melakukan evaluasi atau rapat dan monitoring,” ujarnya.

Dia berharap, kepada seluruh peserta nantinya lebih aktif melakukan skrining kontak atau kasus baru maupun kasus lama. Dengan begitu, diharapkan juga tetap melakukan pemantauan secara intens.

“Karena barangkali pasien-pasien lama kita takut datang berobat karena adanya pandemi Covid-19, makanya kita harus perhatikan jangan sampai lepas. Ibaratnya kita harus menjemput bola dan harus lebih aktif,” kata dia.

Selain itu, dr. Emmy juga menghimbau kepada seluruh masyarakat apabila memiliki gejala agar segera memeriksakan diri di tempat pelayanan kesehatan.

“Seharusnya ketika ada gejala- gejala seperti, batuk disertai dengan lendir yang kurang lebih satu minggu hingga sampai dua minggu dan kalau seperti itu, sebaiknya dia datang ke pelayanan kesehatan untuk memastikan dirinya bahwa itu menderita penyakit TBC atau tidak,” tandasnya. (Iccang/Ihsan)

 Komentar

Berita Terbaru
News25 Juni 2021 17:13
Besok Musda Sinjai Di Buka, TP, Kader Golkar Segel Kantor dan Boikot Musda
Trotoar.id, Sinjai -- Dinamika politik Partai Golkar Kabupaten Sinjai jelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) semakin memanas, dimana sejumlah ka...
News25 Juni 2021 14:58
85 Anggota DPRD Ikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan
Trotoar,id, Makassar -- 85 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel menghadiri kegiatan Bimbingan teknis tentang, pengelolaan keuangan paj...
Politik25 Juni 2021 13:49
Awal Juli, Tiga Daerah Gelar Musda
Trotoar.id, Makassar -- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Selatan (Sulsel) Imam Fauzan memerintahkan selu...