Setelah Dibuka Resmi oleh Pemda, Konfercab HMI Sinjai Langsung Disomasi, Dianggap Ilegal!

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Jumat, 25 Juni 2021 11:19

Pamflet yang dikirim kader HMI kepada Tim Trotoar.id
Pamflet yang dikirim kader HMI kepada Tim Trotoar.id

TROTOAR.ID – Sejumlah kader Himpunan Mahasiswa Islam, melayangkan manifesto penolakan Konferensi Cabang (Konfercab) ke-I yang diselenggarakan Pengurus HMI Cabang Sinjai, pada Kamis, 24 Juni 2021.

Manifesto penolakan ini diserahkan langsung kepada Steering Committee selaku pemegang kuasa penuh terhadap pelaksanaan Konfercab.

Penanggung jawab, Wahyudi Kurniawan, menyampaikan poin-poin gugatan dan tuntutannya:

1. Bahwa kami kader HMI Cabang Sinjai menuntut agar konfercab dibatalkan karena dengan alasan kami melihat bahwa HMI cabang Sinjai memaksakan Konfercab agar mempertahankan status Quo nya dan ini mencerminkan tidak demokrasi.

2. Bahwa dari point pertama, agar HMI Cabang Sinjai membentuk kepanitiaan Muscab (Musyawarah Cabang) dalam waktu sesingkat singkatnya. Dikarenakan kami sepakat bahwa dalam proses pemenuhan beberapa komisariat terkesan dipaksakan dan tergesa-gesa tanpa musyawarah anggota komisariat.

3. Bahwa kami meminta kepada ketua cabang agar membuktikan file-file kegiatan setiap bidangnya, karena kami mengindikasi ada ketua bidang tidak aktif dan sudah inkonstitusional dan secara administrasi kami kader tidak pernah mengetahui baik file dan soft filenya mereka digantikan secara tertulis di Surat Keputusan (SK) Pengurus Besar (PB) HMI.

4. Bahwa kami meminta kepada Kabid PA agar memperjelas secara transparan terkait beberapa kader yang ditolak untuk ikut melaksanakan intermediate training (LK-Il).

5. Bahwa dalam Jangka waktu 1 X 24 jam tuntutan kami ini tidak diindahkan sebagaimana mestinya, maka kami selaku kader menyatakan menganggap kegiatan Konfercab ini illegal dan akan melaksanakan Musyawarah Cabang sebagai tindakan penyelamatan organisasi.

Diberitakan sebelumnya, Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Haerani Dahlan saat mewakili Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) membuka Konferensi cabang (Konfercab) HMI di ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kamis (24/6/2021) 

“Saya berharap ini menjadi contoh atau motivasi bagi semua kader HMI Sinjai untuk semakin meningkatkan kualitasnya dan bisa bersaing bukan hanya di tingkat lokal, Sulsel tapi juga ditingkat nasional,” ungkapnya. 

Tidak hanya itu, kader HMI diharapkan tetap menyebarkan aura  positif untuk seluruh organisasi yang ada di Kabupaten Sinjai. Serta, dapat bersinergi dengan Pemkab Sinjai dalam membangun daerah.

“Karena saya yakin dan percaya HMI adalah himpunan yang memiliki fondasi yang kuat”, jelasnya. 

Konfercab HMI Sinjai merupakan sebuah forum yang dilaksanakan dalam rangka pemilihan calon ketua umum baru untuk periode mendatang. 

Turut hadir dalam pembukaan Konfercab HMI Sinjai, Perwakilan Forkopimda, para Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) serta kader HMI Sinjai yang tergabung dalam sejumlah komisariat. (Humas Kominfo)


 Komentar

Berita Terbaru
Daerah28 Juli 2021 23:25
Sah! DPRD Lutra Tetapkan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2020 Menjadi Perda
Trotoar.id, Luwu Utara — DPRD Kabupaten Luwu Utara resmi menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Luwu Utara tentang Pertanggungja...
Metro28 Juli 2021 23:18
Unifa 32 Terbaik PTS di Indonesia Versi Webometrics
Trotoar.id, Makassar - Universitas Fajar (Unifa) Makassar berhasil masuk dalam pemeringkatan Webometrics Rank 2021. Webometrics merupakan organisasi p...