Pembangunan dari Kekuatan Keluarga, Bantaeng Raih Manggala Karya Kencana

Awal Nur
Awal Nur

Senin, 28 Juni 2021 21:24

Bupati Bantaeng
Bupati Bantaeng

Trotoar.Id, Bantaeng — Pemerintah Kabupaten Bantaeng di bawah kepemimpinan Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin kembali meraih penghargaan di tingkat nasional. Daerah berjarak 120 kilometer dari Makassar ini meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) 2021. 

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Penghargaan ini diberikan kepada Ilham Azikin karena dia dianggap sosok yang dinilai mempunyai dedikaasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Penghargaan MKK ini diberikan oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo kepada Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin secara virtual. Pelaksanaan virtual ini digelar di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng. 

Dalam kesempatan itu, Ilham Azikin mengakui jika apresiasi dari pemerintah pusat itu adalah sebuah kehormatan baginya. Dia akan tetap mempertahankan dan menjaga kehormatan tersebut. 

“Terimakasih setinggi-tingginya atas penghargaan ini. Ini adalah kehormatan untuk saya dan pemerintah Kabupaten Bantaeng,” kata dia. 

Dia mengatakan, Bantaeng meraih penghargaan ini berkat kerja lintas sektoral dan kesadaran masyarakat. Dia menyebut, pembangunan di Kabupaten Bantaeng saat ini sudah berdasar pada kekuatan keluarga. 

“Konsen dalam program ini adalah berjalan sesuai arahan dari BKKBN pusat untuk bagaimana mendorong sebuah pembangunan dengan bersandar pada kekuatan keluarga,” jelas dia. 

Selain menjadi sosok yang memiliki dedikasi dalam pengendalian penduduk, Ilham Azikin juga meraih penghargaan atas percepatan pelaksanaan pendataan keluarga. Pemerintah Kabupaten Bantaeng masuk dalam kategori daerah dengan pendataan keluarga tercepat bersama dengan beberapa daerah lain di Sulsel. 

Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo memberikan apresiasi kepada sejumlah daerah yang ikut membantu upaya pengendalian penduduk di Indonesia. Menurutnya, penghargaan ini untuk memotivasi daerah lainnya untuk terus berbuat yang baik. 

“Penghargaan ini bentuk tanda apresiasi dan rasa hormat kami kepada seluruh pihak yang ikut membantu dalam upaya pengendalian penduduk dan pendataan keluarga,” jelas dia. Gizi Terpadu 

Salah satu penilaian yang mendorong penghargaan MKK ini adalah hadirnya UPTD Gizi terpadu. Kepala BKKBN Bantaeng, Abdi Syam mengatakan, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin selama dua tahun terakhir dianggap berhasil dalam intervensi program pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kabupaten Bantaeng.

Bupati Bantaeng sebagai inisiator dan Ketua Tim Pusat Penanggulangan Gizi Terpadu yang dihadirkan di Bantaeng, merupakan yang pertama di Indonesia. Upaya ini dianggap sebagai langkah positif dalam mendukung upaya pemerintah dalam penanganan atau pencegahan stunting.

Angka Kelahiran Total (TFR) dibawah rata-rata provinsi dan nasional serta angka kepesertaan ber-KB (CPR) di atas rata-rata provinsi dan nasional turut menjadi indikator keberhasilan Program Bangga Kencana dinilai positif dan sukses.

Selain itu, Bupati Bantaeng mendukung pembentukan Kampung KB Mandiri berbasis desa dalam dua tahun terakhir. Tercatat telah terbentuk total 14 Kampung KB di Kabupaten Bantaeng berbasis Desa/Kelurahan dengan satu Kampung KB Percontohan.

Ilham Syah Azikin sangat aktif dalam kegiatan momentum Program Bangga Kencana lainnya, diantaranya Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Tahun 2020 dan 2021 berlangsung sukses dan terlayani ribuan akseptor dalam sehari.

“Selanjutnya dukungan terhadap Pendataan Keluarga Tahun 2021 oleh Bupati Bantaeng berbuah kesuksesan dengan indikator jumlah keluarga terdata 100% hingga akhir periode pendataan,” jelas dia.(*)

Penulis : Eka

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 April 2024 21:40
Kolaborasi Terjalin Kuat antara Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana
Dalam upaya meningkatkan keselamatan warga dan respons terhadap bencana, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memberikan penghargaa...
Metro18 April 2024 21:15
Kunjungan Konsulat Jenderal Filipina ke Penjabat Gubernur Sulsel
Dalam upaya memperkuat hubungan bilateral, Konsulat Jenderal Filipina, Marry Jennifer Dominggo Dingal, bertemu dengan Penjabat Gubernur Sulawesi Selat...
Politik18 April 2024 17:55
AIA Gerindra Fokus Usung Kader Dipilkada Serentak
Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra, mengungkapkan hasil pertemuan dengan ketua Nasdem Sulsel, Rusdi Masse, dan Rusdi...
Metro18 April 2024 16:54
Kunjungan ke PT. BMS: Muh. Saleh Tekankan Dampak Sosial dan Ekonomi yang Spesifik
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, melakukan kunjungan kerja ke PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) di Desa Karang Karangan, Kecamatan Bua. Dalam ku...