Dari Zaman SYL, NA hingga ASS, Begini Nasib Pembangunan Masjid 99 Kubah

Awal Nur
Awal Nur

Minggu, 11 Juli 2021 09:28

Masjid 99 Kubah Makassar.
Masjid 99 Kubah Makassar.

TROTOAR.ID, MAKASSAR – Pelaksana Tugas (Plt)  Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman (ASS) menunjukkan keseriusannya dalam upaya melanjutkan pembangunan Masjid 99 Kubah yang berada di area Center Point of Indonesia (CPI) Makassar.

Tahun 2021 ini, Pemerintah Provinsi Sulsel kembali melanjutkan pembangunan masjid yang akan menjadi salah satu ikon wisata religi di Sulsel itu.

“Saat ini tengah progres pembangunan tahap lanjutan Masjid 99 Kubah,” kata Andi Sudirman.

“Yang pasti komitmen kita pembangunan masjid ini akan tetap kita lanjutkan. Jadi dilakukan bertahap. Harapan kita tentu semua sama, sama-sama ingin segera menjalankan ibadah di masjid tersebut,” jelasnya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUTR Sulsel, Haeruddin, menyampaikan, saat ini progres realisasi di lapangan sekitar 35,09 persen. “Bapak Plt Gubernur selalu mengingatkan agar bahan yang digunakan sesuai dengan spesifikasi dan mutu yang baik,” ungkapnya.

Untuk bahan material konstruksi, kata Haeruddin, umumnya didatangkan dari luar Sulsel. Seperti marmer, keramik, dan railing untuk area pelataran suci. Menurutnya, ini bentuk kepedulian Andi Sudirman dalam pembangunan sarana ibadah.

Dari hasil pemeriksaan kondisi atap, ditemukan ada yang mengalami kebocoran. “Karena ada yang karatan yang mengakibatkan sirip enamel (pada kubah Masjid) banyak yang terlepas. Nanti akan diinventarisasi kembali. Jadi Bapak Plt Gubernur selalu ingatkan agar penuh kehati-hatian dalam pembangunan ini agar bisa dimanfaatkan banyak orang,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pembangunan Masjid 99 Kubah digagas pada masa pemerintahan Syahrul Yasin Limpo (SYL), kemudian dilanjutkan oleh Nurdin Abdullah (NA) hingga saat ini ASS. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah06 Desember 2022 16:52
Tangani Inflasi, Pemkab Luwu Serahkan Bantuan Bibit Cabai Dan Itik Ke Petani
Trotoar.id, Luwu, - Menindaklanjuti arahan Presiden RI, Joko Widodo yang mengharapkan pemerintah daerah melakukan penanganan atas terjadinya inflasi a...
News06 Desember 2022 16:30
Pemerintah Australia Anugerahi Andika Perkasa Penghargaan kehormatan Order of Australia (Divisi Militer)
Trotoar.id, Makassar -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa dianugerahi salah satu penghargaan tertinggi Australia pada ...
Politik06 Desember 2022 15:49
Anies Baswedan Bakal ke Makassar Sapa Masyarakat Sulsel 10-11 Desember, Terbuka untuk Umum!
Trotoar.id, Makassar - Kandidat presiden Partai NasDem Anies Baswedan dijadwalkan menyapa masyarakat Sulawesi Selatan pada rapat akbar di gedung Celeb...
Daerah06 Desember 2022 15:47
Ustad Das’ad Latif Akui Peran Bupati Bantaeng Jaga Kebersamaan di Bantaeng
Trotoar.id, Bantaeng -- Pendakwah kondang asal Sulawesi Selatan, Ustad Das'ad Latif membawakan tausiah Tabligh Akbar di Masjid Agung Syekh Abdul Gani,...