Walkot Makassar Sebut Lab PCR di RSUD Daya Mampu Deteksi 4 Varian Baru Covid-19

Awal Nur
Awal Nur

Minggu, 01 Agustus 2021 20:05

Lab PCR di RSUD Daya, Makassar, Minggu (1/8/2021).
Lab PCR di RSUD Daya, Makassar, Minggu (1/8/2021).

TROTOAR.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto melakukan peninjauan persiapan Laboratorium Makassar Recovery, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar. Minggu 1/8/2021.

Danny mengatakan laboratorium ini disiapkan pemerintah Kota, lengkap untuk mendeteksi sampel Swab PCR, dengan sensitivitas tinggi yang mampu mendeteksi 4 varian baru Covid 19.

” Jadi kalau menggunakan alat PCR biasa, kalau delta tidak dapat dideteksi, dianggap negatif, di sini super sensitif bisa mendeteksi varian baru yang bergeser dari pada virus Corona,” kata Danny.

Untuk operasionalnya, kata Danny, laboratorium  biosafety level 2 (BSL) Ini, bakal menerima sampel selama 24 jam, atau  jika dihitung bisa memeriksa sampai 1.200 sampel dalam sehari.

“Apalagi Laboratorium BSL Level 2 seperti ini baru ada dua di Indonesia di Pondok Indah Jakarta dan RSUD Makassar. Kita tinggal tinggal menunggu izin dari provinsi agar statusnya sebagai lab bisa cepat keluar, agar ini bisa membantu,” jelasnya 

Sekali lagi, ini murni untuk membantu, bukan untuk  gagah-gagahan. Saya sampaikan, jangan sampai ada  lagi orang bereaksi berlebihan, ini membantu di-era pandemi seperti ini,” tambahnya.

Danny menjelaskan nantinya laboratorium ini akan  diperuntukan bagi setiap warga yang terdeteksi Covid oleh Tim Detektor, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

“Jadi semua orang yang dideteksi oleh detektor kalau ada warga yang sakit, maka tim Covid Hunter datang, semua biaya gratis kalau lewat detektor dan covid hunter, kalau mandiri, itu dia komersial,” 

Melalui Posko yang akan dibuatnya pada tingkat RW dan kelurahan Danny meminta warganya untuk melapor jika ada yang sakit.

“Jadi semua bisa lapor melalui 122 detector akan  datang, Covid Hunter juga datang untuk memeriksa secara gratis,” terangnya. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik20 April 2024 16:21
NasDem, Gerindra, dan Demokrat Membahas Strategi Hadapi Pilkada Serentak
Sekretaris DPW NasDem Sulsel, H Syaharuddin Alrif, Sekretaris Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin, dan Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah, mengadakan ...
Metro25 April 2024 20:52
Minta Izin di Hadapan Kader Gerindra Kota Makassar, Erik Horas; Baru ASA Yang Bernyali 
Ketua DPC Gerindra Kota Makassar, Erick Horas mengapresiasi sikap terbuka dari Andi Seto Asapa yang menyatakan niatnya untuk maju dalam Pilkada Kota M...
Metro25 April 2024 19:58
Dihadapan Kader Gerindra, ASA: Izinkan Saya Maju Pilkada Makassar
Bupati Sinjai Periode 2018-2023 ajang juga Ketua Pengurus Daerah (PD) Tunas Indonesia Raya (Tidar) Sulawesi Selatan Andi Seto Asapa di depan ratusan k...
Politik25 April 2024 18:45
Anak Yatim Kota Makassar Daulat Andi Seto Sebagai ‘Abul Yatama’
Bakal calon Walikota Makassar, Andi Seto Asapa mengaku sangat terharu saat dirinya didaulat sebagai Abul Yatama (Bapaknya Anak-anak Yatim). ...
Politik25 April 2024 18:04
KPU Tetapkan Prabowo Gibran Pemenang Pilpres, TIDAR dan Gerindra Makassar Gelar Syukuran
Partai Gerindra Kota Makassar bersama Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Sulawesi Selatan menyelenggarakan acara Halal Bi Halal bersama pimpinan kecamatan s...