Begini Upaya Pemkab Sinjai Tekan Angka Kemiskinan

Fadli
Fadli

Selasa, 24 Agustus 2021 16:54

Begini Upaya Pemkab Sinjai Tekan Angka Kemiskinan

SINJAI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sinjai menggelar Rapat koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Sinjai Tahun 2021 digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa (24/8/2021).

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong yang dihadiri oleh Sekda Sinjai Akbar, para Asisten, para Kepala OPD, Kabag, Camat, pendamping PKH serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang ada di Sinjai.

Wakil Bupati Sinjai mengatakan bahwa perlu adanya program-program dari perangkat daerah maupun lintas sektor dalam pengentasan kemiskinan dengan sasaran pada masyarakat miskin berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Dibutuhkan inovasi-inovasi dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat utamanya dalam mengentaskan kemiskinan. Mudah-mudahan dengan data yang akurat, program pengentasan kemiskinan betul-betul tepat sasaran,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib mengemukakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mendengarkan program pengentasan kemiskinan dari masing-masing OPD untuk tahun anggaran 2022.

“Kita harapkan OPD punya program khusus untuk dijadikan pilot project dalam penanggulangan kemiskinan yang bisa direplikasi di desa, ” katanya.

Selain itu lanjut Irwan, sesuai arahan Pemerintah Provinsi, tahun depan diharapkan Pemkab bisa mereplikasi beberapa pilihan inovasi percontohan penanggulangan kemiskinan yang ada di daerah lain.

“Ada beberapa pilihan inovasi yang bisa kita replikasi diantaranya Laboratorium kemiskinan melalui jurus jitu pengentasan kemiskinan berkearifan lokal di Kabupaten Pekalongan, Gebrak Bimantika (Gerakan Bersama Kabupaten Bima Anti stunting, Kekurangan Gizi dan Anemia) serta inovasi Gerakan Kembali Bersekolah dari Kabupaten Bone terkait upaya perbaikan akses pelayanan dasar bidang pendidikan, ” sebutnya.

Menurutnya berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai angka kemiskinan tiap tahun menurun, dimana tahun 2018 sebesar 9,28 %, di tahun 2019 sebesar 9,14%, kemudian di tahun 2020 turun menjadi 9 % dan tahun ini ditargetkan turun menjadi 8,85 %.

“Kita berharap melalui beberapa pilihan inovasi ini serta inovasi dari masing-masing OPD, kita optimis angka kemiskinan di Sinjai bisa turun menjadi 7.90 % di tahun 2023 sesuai target RPJMD, ” harapnya. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...
News27 Maret 2024 23:48
Yeni Rahman Ajak Warga Makassar Untuk Dalami Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan
Yeni Rahman, Anggota DPRD Kota Makassar, mengajak warga Kota Makassar untuk lebih mendalami Al-Qur'an, terutama dalam bulan suci Ramadan....
News27 Maret 2024 23:37
Masyarakat Biringbulu Bangga Terhadap Pembangunan Pos Pelayanan Publik
Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabuaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul...