Jumat Besok, Dinkes Sinjai Akan Beri Vaksin Dosis ke-3 untuk Nakes

Fadli
Fadli

Kamis, 09 September 2021 19:44

Seorang Nakes memegang vaksin covid-19 jenis Sinovac China, Jumat (22/1). Dok: Ltf
Seorang Nakes memegang vaksin covid-19 jenis Sinovac China, Jumat (22/1). Dok: Ltf

SINJAI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai kembali akan melakukan penyuntikan vaksin bagi tenaga kesehatan (Nakes) di Bumi Panrita Kitta.

Penyuntikan vaksin ketiga secara bertahap untuk nakes asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan, akan mulai dilakukan pada Jumat (10/9/2021) besok.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, drg. Farina Irfani di ruang kerjanya, Kamis (9/9/2021). Dia mengatakan, untuk pelaksanaan di hari pertama akan berlangsung di Puskesmas Balangnipa dan Samataring.

“Untuk vaksin ketiga bagi nakes kami akan mulai pada tanggal 10 September secara bertahap,” ungkapnya

Dia menyebut sasaran bagi nakes yang akan mendapat vaksin dosis ketiga jenis moderna itu, sedikitnya ada ribuan nakes. Mereka sebelumnya, telah diberikan sosialisasi terkait vaksin tersebut.

“Jumlah sasaran nakes kami itu sesuai dengan data yang ada totalnya sejumlah 1.754. Mereka sudah mendapatkan vaksin pertama dan kedua,” kata dokter Arin sapaannya.

Diketahui, pemberian vaksinasi dosis ketiga bagi nakes telah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau ITAGI berdasarkan hasil kajian yang dilakukan dan disampaikan kepada Kementerian Kesehatan melalui surat nomor 71/ITAGI/Adm/VII/2021 tanggal 8 Juli 2021.

Upaya ini dilakukan untuk memberikan perlindungan tambahan pada tenaga kesehatan yang menjadi garda depan dari penanganan Covid-19. Hal itu juga  sesuai dengan edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes bahwa vaksin ketiga bagi nakes, menggunakan vaksin moderna.

“Vaksin moderna ini sebagai perlindungan tambahan bagi tenaga kesehatan, karena moderna efikasinys berdasarkan hasil penelitian itu diatas 90 persen,” pungkasnya. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...