Besok Bakal Dilapor ke Polisi karena Cuitannya Dinilai Rasis, Pigai: Laporkan Saja. Hari Itu Juga Saya Akan Laporkan

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Minggu, 03 Oktober 2021 16:52

Natalius Pigai.
Natalius Pigai.

JAKARTA – Eks Komisioner Komnas HAM RI Natalius Pigai kabarnya akan dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada hari Senin, 4 Oktober 2021 besok, sekitar pukul 10.00 WIB.

Pelaporan itu kabarnya akan dilakukan oleh kelompok Barisan Relawan Nusantara (BaraNusa). Hal ini adalah Buntut dari cuitan Natalius Pigai di Twitter.

Dalam cuitannya itu, Pigai dituding oleh bakal pelapor telah berkata-kata rasisme kepada Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Karena cuitannya itulah, Pigai bakal diseret ke polisi sehingga ini memungkinkan berbuntut panjang. 

“Tindakannya itu tidak menunjukkan intelektualitasnya ya sebagai mantan Komisioner Komnas HAM. Harusnya kalau mengkritisi boleh saja, tapi jangan fitnah, jangan rasis,” kata Ketua Umum BaraNusa Adi Kurniawan, Minggu (3/10/2021).

Adi mengatakan ada lima poin yang bakal dilaporkan ke polisi terkait dugaan pelanggaran atas cuitan Natalius Pigai, dari pelanggaran ITE hingga unsur-unsur provokasi.

“Jadi terkait pasalnya itu nanti pihak advokat kita ya teknisnya. Kita melaporkan itu soal UU ITE, lalu pasal ujaran kebencian, ketiga pasal perbuatan tidak menyenangkan, keempat pasal penghinaan kepada kepala negara, dan kelima soal unsur-unsur provokasi. Jadi ada 5 poin itu terkait detailnya nanti tim hukum kami yang jelaskan,” terang Adi.

Hal ini ditanggapi lagi oleh Natalius Pigai lewat cuitannya di twitter. Pigai tegas meminta agar laporkan saja biarkan hukum yang membuktikan siapa yang sebetulnya rasis.

Ia menyebut bahwa yang menganggap itu rasis dan akan melakukan pelaporan adalah perasaan dari para pendukung Jokowi Ganjar.

Soal cuitannya, Pigai lalu sedikit menjawab bahwa perbuatan hukum tersebut dilihat dari teks tertulis.

Dia juga menyebut bahwa hari itu juga akan ia laporkan sehingga akan membuat tanah air menjadi geger.

 “Laporkan saja. Siapa yg rasis, itu PERASAAN pendukung Jokowi dan Ganjar. Perbuatan hukum itu dilihat dari teks tertulis. Hari itu juga akan saya laporkan dan geger Republik ini. Kalian sdh giring ke area yg salah dan berbahaya!,” cuitannya di twitter, Minggu (3/10).

Bunyi cuitan Pigai yang dituding rasis.

“Jgn percaya org Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mrk merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Sy Penentang Ketidakadilan).” demikian cuitan Pigai lewat akun Twitter-nya @NataliusPigai2, Sabtu (2/10).

Penulis : Redaksi


 Komentar

Berita Terbaru
News28 Oktober 2021 16:36
Peringati Hut Golkar Ke 57, IDP : Kader Harus Hadir Memberi Manfaat Untuk Masyarakat
Trotoar.id, Masamba -- Ketua terpilih DPD II Partai Golkar Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) menyampaikan, setiap kader harus memberi manfaat kep...