Plt Gub Sulsel Perintahkan Dinsos Persiapkan Logistik Tambahan untuk Korban Banjir dan Longsor di Luwu

Suriadi
Suriadi

Senin, 04 Oktober 2021 16:00

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

MAKASSAR – Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menurunkan personil taruna siaga bencana (Tagana) dalam membantu proses evakuasi bencana yang terjadi di Kabupaten Luwu. Diketahui, akibat hujan deras di beberapa wilayah di Luwu pada Minggu (3/10/2021) mengakibatkan longsor dan banjir. 

Bencana longsor terjadi di Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat. Sementara bencana banjir bandang terjadi di beberapa wilayah di Luwu, diantaranya Kecamatan Walenrang Utara, Kecamatan Lamasi Timur, dan Kecamatan Walenrang Timur. Banjir yang diperkirakan setinggi 1-3 meter itu membuat lebih dari 100-an rumah yang terdampak banjir.

Kepala Bidang Linjamsos pada Dinas Sosial Sulsel, Herman, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinsos Luwu. Apalagi buffer stok logistik Dinsos Provinsi Sulsel pun telah didrop jauh hari sebelumnya ke kabupaten.

“Kami sudah koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Luwu, agar segera ada tindakan disana. Dan semalam sudah berada di lokasi (korban terdampak) membagikan bantuan,” ujarnya, Senin (4/10/2021).

Atas instruksi oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, kata dia, Dinsos Provinsi tengah menyiapkan bantuan logistik tambahan untuk korban bencana di Luwu. Bahkan selama beberapa bulan terakhir ini atau sejak Agustus 2021, bantuan Dinsos Provinsi untuk Luwu sudah keempat kalinya. 

“Atas arahan dari Bapak Plt Gubernur, hari ini tim Tagana Dinsos Provinsi akan diturunkan sekaligus membawakan bantuan,” ungkapnya.

Tak hanya dari Tagana Dinsos Provinsi Sulsel, kata dia, pihaknya juga meminta agar dukungan bantuan dari tim Tagana daerah sekitarnya, seperti Toraja Utara, Palopo dan Luwu Utara.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memastikan bantuan dari Pemprov Sulsel untuk para korban terdampak. 

“Mari kita semua mendoakan dan bergotong royong untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah di Kabupaten Luwu,” kata Andi Sudirman. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...