Berikut Beberapa Agenda Sandiaga Uno di Bulukumba

Fadli
Fadli

Minggu, 21 November 2021 16:15

Setiba Sandiaga Uno di Bulukumba.
Setiba Sandiaga Uno di Bulukumba.

trotoar.id, Bulukumba – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparekraf), Sandiaga Uno dijadwalkan akan berkunjung di Kabupaten Bulukumba dalam rangka peninjauan dan penilaian 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Provinsi Sulawesi Selatan. 

Sebanyak tiga Desa Wisata di Provinsi Sulawesi Selatan masuk dalam daftar 50 Desa Wisata Terbaik ADWI yaitu Desa Wisata Kole Sawangan di Kabupaten Tana Toraja, Desa Wisata Lembang Nonongan di Kabupaten Toraja Utara, dan Desa Wisata Ara di Kabupaten Bulukumba.

Saat ini, Sandiaga Uno sudah tiba di Makassar, Minggu 21 November dan akan bertolak ke Tana Toraja dan Toraja Utara. Dari jadwal sebelumnya, setelah dari Toraja Sandiaga lanjut ke Bulukumba pada hari Senin. Namun karena harus kembali ke Jakarta, sehingga kunjungannya ke Bulukumba diundur ke hari Selasa 23 November 2021. 

Kepala Dinas Pariwisata Ali Saleng menyampaikan rencana kedatangan mantan Calon Wakil Presiden ini. Setiba di Bulukumba ia akan menginap di Kawasan Wisata Tanjung Bira. Kemudian keesokan harinya, Rabu pagi 24 November, Sandiaga Uno bersama tim juri ADWI melakukan peninjauan bersama dengan Tim Juri ADWI di Desa Ara Kecamatan Bontobahari.

Selama peninjauan di Desa Ara, Sandiaga Uno didampingi oleh plt Gubernur Sulawesi Selatan, Bupati dan Wakil Bupati serta tamu VIP lainnya. 

Berikut beberapa agenda kegiatan Sandiaga Uno di Desa Ara:

Setiba di Desa Ara, Menteri Sandiaga Uno langsung menuju Tebing Apparalang. Di tempat wisata ini Sandiaga mengikuti prosesi adat “Pirunrungi Lipak” dan pemasangan “Passapu Munne”, sekaligus pemberian gelar Paddaengang. Sementara untuk tarian penyambutan, panitia menyiapkan Tari Pakarena Ara yang dilanjutkan dengan Angngaru.

Setelah itu, Menparekraf akan mendengarkan pemaparan atau presentasi oleh Kepala Desa Ara bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Pada kesempatan tersebut, Sandiaga Uno juga akan membuka secara resmi Festival Budaya Ara yang ditandai dengan pemukulan gong dan diiringi tabuhan ganrang-ganrang Padoeng

Di tempat yang dikenal dengan keindahan panorama alamnya tersebut, menteri akan berkeliling mengunjungi stand-stand kriya, fesyen dan kuliner khas lokal Desa Ara. Di tebing Apparalang, Menteri akan menyaksikan atraksi lompat tebing yang dilakukan oleh anak-anak Desa Ara.

Selesai kunjungan di Tebing Apparalang, Sandiaga Uno bersama rombongan menuju Pantai Mandala Ria dengan menggunakan Kapal Pinisi. Setiba di pinggir pantai Mandala Ria, Sandiaga Uno akan disambut tarian massal oleh para pemuda pemudi Desa Ara.

Masih di area pantai Mandala Ria, Menteri meninjau pembuatan perahu Pinisi dan berinteraksi dengan para pengrajin sekaligus menyaksikan proses pembuatan perahu.

Menurut Ali Saleng, kehadiran Menteri Pariwisata sudah lama dinantikan di Kabupaten Bulukumba yang dikenal dengan Butta Panrita Lopi

“Tentu kita merasa bangga, daerah kita dapat dikunjungi pak Menteri. Selain untuk penilaian Desa Wisata, pak Menteri bisa melihat secara langsung potensi wisata Bulukumba,” ungkap Ali Saleng.

Diketahui Bulukumba sudah dikenal sebagai daerah pariwisata, baik wisata alam maupun wisata Budaya. Event Festival Pinisi yang digelar beberapa tahun sebelumnya juga menjadi salah satu dari 100 Wonderful Event Kementerian Pariwisata. [Addi]


 Komentar