Politik

Politisi Gerindra: Menaikkan PPN Jelang Idul Fitri Kurang Tepat

Fadli
Fadli

Jumat, 08 April 2022 20:02

Sekretaris Partai Gerindra  Gowa, Idris Rate. (*)
Sekretaris Partai Gerindra Gowa, Idris Rate. (*)

Gowa, trotoar.id – Sekretaris Partai Gerindra Kabupaten Gowa Idris Rate menilai kenaikan PPN dari 10% ke 11% kurang tepat di tengah situasi saat ini.

“Menurut hemat saya kenaikan PPN menjadi 11% kurang tepat diterapkan di kondisi ekonomi masyarakat seperti saat ini,” kata dia kepada trotoar.id, Jumat (8/4).

Pasalnya, akibat dari pandemi Covid-19 membawa dampak terhadap penurunan ekonomi masyarakat, banyak banyak diantara masyarakat kehilangan pekerjaan dan juga banyak yang gulung tikar bagi yang punya usaha. 

“Selain kondisi tersebut, penerapan 11% PPN juga kurang tepat situasi menjelang Hari Raya Idul Fitri,” tuturnya.

Mengingat Bulan Ramadhan mengakibatkan meningkatnya kebutuhan pangan masyarakat, kata Idris, yang berdampak terhadap inflasi kebutuhan bahan pokok.

“Terlebih kasus kelangkaan minyak mengakibatkan minyak goreng sulit didapat dan kalaupun ada itu harganya mahal, maka kebijakan pemerintah menaikkan PPN menjadi 11 % di situasi sulit seperti saat ini saya anggap kurang tepat,” terangnya.

Apalagi pemerintah juga mengeluarkan kebijakan lain, kaya dia, dengan menaikkan BBM jenis Pertamax dan Solar Dex membuat kondisi ekonomi semakin sulit.

“Kenaikan 1% memang kelihatannya kecil namun bagaimanapun beban 1% dari tambahan 10% tersebut akan ditanggung masyarakat karena para produsen tentu membebankan PPN 11% tersebut kepada konsumen dengan menaikkan harga jual produknya,” kuncinya.

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...