Dispus Makassar

Kadispus Makassar Dorong Perpustakaan Terakreditasi di Sekolah, Wali Kota Targetkan Selesai di 2023

Fadli
Fadli

Jumat, 03 Juni 2022 18:09

Membahas persiapan pendampingan perpustakaan sekolah terakreditasi.
Membahas persiapan pendampingan perpustakaan sekolah terakreditasi.

Makassar, trotoar.id – Mulai tahun ini Dinas Perpustakaan Kota Makassar akan melakukan pendataan yang membagi perpustakaan dengan berbagai kategori termasuk yang sudah mengikuti akreditasi Perpustakaan Sekolah. 

Kadispus, Tenri A Palallo mengatakan bahwa Tim Pendataan dan Pembinaan Perpustakaan Sekolah telah terbentuk dan akan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah.

Melalui Program Sentuh Pustaka, Perpustakaan Sekolah didorong untuk mengikuti akreditasi.

“Akreditasi Perpustakaan Sekolah adalah bentuk pengakuan dari Lembaga Akreditasi yang menyatakan bahwa sebuah unit Perpustakaan telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dengan predikat A, B atau C,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Pustakawan Dispus, Tulus Wulan Juni bahwa mengikuti Akreditasi Perpustakaan Sekolah tidak dipaksakan jika pihak sekolah belum mampu atau belum siap mengikutinya.

“Namun tetap menyelenggarakan Perpustakaan Sekolah Sesuai Standar Nasional Perpustakaan berdasarkan UUD No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Perka Kapusnas Nomor 10,11,12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah,” jelasnya.

Program Sentuh Pustaka adalah program pendampingan dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar untuk mendampingi Sekolah dalam penataan dan penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah agar sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Selanjutnya mendorong mengikuti Akreditasi Perpustakaan jika pihak Sekolah sudah siap mengikuti Akreditasi. 

Untuk mengikuti program Sentuh Pustaka pihak Sekolah melakukan persuratan yang selanjutnya membuat perjanjian kerjasama/ MoU dengan Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto secara lisan dalam paparan inovasi Sentuh Pustaka secara virtual pada kegiatan Kemenpan-RB tahun 2021 berharap dan menargetkan pada tahun 2023 seluruh Perpustakaan Sekolah telah sesuai standar. (*)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...