Pemprov Sulsel

Respon Bencana Angin Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Tanggap Darurat Senilai Rp 800 Juta KE Pemda Maros

Fadli
Fadli

Senin, 27 Juni 2022 16:08

Respon Bencana Angin Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Tanggap Darurat Senilai Rp 800 Juta KE Pemda Maros

Trotoar.id, Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan keuangan tanggap darurat senilai Rp. 800 Juta kepada Kabupaten Maros.

Bantuan diserahkan langsung kepada Bupati Maros, Chaidir Syam di Kantor Gubernur Sulsel, Senin, 27 Juni 2022.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel telah memberikan bantuan keuangan senilai Rp 8 miliar untuk pengembangan wisata Rammang-Rammang di Maros.

Bantuan keuangan senilai Rp 800 juta ini sebagai respon atas bencana angin puting beliung yang menerjang 161 unit rumah warga di Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros pada pekan lalu.

“Alhamdulillah, kembali menyerahkan bantuan keuangan untuk Kabupaten Maros senilai Rp 800 juta. Untuk bantuan tanggap darurat bencana angin kencang puting beliung di Kecamatan Maros Baru,” kata Andi Sudirman.

Diharapkan, bantuan ini segera dapat direalisasikan oleh Pemkab Maros untuk membantu pemulihan pasca bencana di Maros.

Usai menerima bantuan, Bupati Maros, Chaidir Syam mengungkapkan rasa terima kasih atas respon cepat Gubernur Sulsel memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak musibah.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Maros dan seluruh masyarakat Maros utamanya yang kena dampak angin puting beliung mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sulawesi Selatan yang telah merespon secepatnya dengan memberikan bantuan, Insha Allah kami akan menyalurkan kepada korban bencana angin puting beliung dan mudah-mudahan masyarakat bisa kembali hidup normal dan mendapatkan hunian yang layak,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Chaidir menyebutkan, bantuan yang diterima akan disalurkan kepada warga terdampak dengan nilai bantuan bervariasi sesuai dengan tingkat kerusakan hunian.

Ia melanjutkan, pemberian bantuan berdasarkan data yang diperoleh oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan dan BPBD kabuaten Maros.

“Ada 161 rumah yang kena dampak dan masing-masing punya skala karena ada (hunian) yang rusak dan rubuh samasekali, ada juga yang rusak berat dan ada juga yang (rusak) ringan, jadi bantuan yang diperoleh oleh setiap warga bervariasi sesuai dengan tingkat kerusakan,” jelas Chaidir.

Beberapa waktu lalu, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman telah mengunjungi warga korban angin puting beliung di Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Minggu, 19 Juni 2022.

Sejumlah bantuan logistik pun telah disalurkan, baik melalui Dinas Sosial Sulsel dan BPBD Sulsel.

Penulis : Lutfi

 Komentar

Berita Terbaru
News10 Agustus 2022 23:11
Sobat Muda Luwu Utara, Ayo Ikuti Lomba Video Kreatif Cegah Stunting
Trotoar.id, Luwu Utara --- Sobat muda kreatif Luwu Utara yang memiliki segudang ide, ayo ikuti Lomba Kreasi Video Cegah Stunting yang dilaksanakan DP3...
Metro10 Agustus 2022 17:26
Hadirkan Shelter Warga di Mariso, DPPPA Makassar Stop Kekerasan Perempuan Dan Anak
Trotoar.id, Makassar -- Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (DPPA) Kota makassar terus mendorong terbentuknya Shelter warga untuk mence...
News10 Agustus 2022 17:13
Diskominfo-SP Sulsel Raih Penghargaan Dari Inspektorat Sulsel
Trotoar.id, Makassar - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan (Prov. Sulsel) menjadi salah sa...
News10 Agustus 2022 17:10
Pimpin Rakor TPPO, Indah Dorong Peran Desa dan PAUD di Optimalkan
Trotoar.id, Luwu Utara -- Bupati Luwu Utara memimpin langsung pertemuan Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Pencegahan dan Penanganan Korban Kekerasan ...