Pemda Bulukumba

Dua Mahasiswa Asal Bulukumba Raih Juara 1 Kompetisi Ide Kemenpan RB

Fadli
Fadli

Jumat, 08 September 2023 14:57

Dua Mahasiswa Asal Bulukumba Raih Juara  1 Kompetisi Ide Kemenpan RB

Trotoar.id, Bulukumba — Dua mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) asal Bulukumba sukses menyabet juara 1 kategori kelompok pada Kompetisi Ide yang dilaksanakan oleh Kemenpan-RB bekerjasama dengan USAID-ERAT.

Kedua mahasiswa asal Bulukumba tersebut, yakni Fakhri Fauzan dan Shafa Syahrani.

Kompetisi ide ini, dalam rangka pengembangan pelayanan publik yang melibatkan partisipasi anak muda bertajuk Ideathon, yang dibagi dalam 3 kategori yaitu ASN muda, mahasiswa, dan praktisi/akademisi.

Shafa Syahrani mengaku bersyukur dapat mengukir prestasi dengan mengharumkan nama Bulukumba di kancah nasional. Apalagi, katanya, ada 2291 pendaftar pada semua kategori dan ada 608 yang ikut kumpul ide.

“Kami berdua mengikuti kategori mahasiswa. Alhamdulillah kami juara 1,” kata perempuan yang akrab disapa Neno, Jumat, 8 September 2023.

Shafa Syahrani menguraikan proses panjang bisa sampai ke tahap Juara 1. Awalnya, mengirimkan ide dalam bentuk catatan konsep dengan mengambil tema kesehatan.

“Adapun judul yang kami tawarkan sebagai solusi untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima yaitu “Healthy Traditional Market: Strategi Penataan Pasar Traditional Berbasis Pemetaan, Edukasi, dan Klasifikasi Produk dalam Mengatasi Stunting di Sulawesi Selatan”.” Jelasnya.

Adapun tahap seleksi yang dilalui, katanya, yaitu masa pengajuan ide lalu pengumuman finalis pada babak final. Pada babak final, catatan konsep yang telah dikumpulkan dituangkan dalam bentuk pitch deck yang kemudian pada babak ini merupakan sesi pitching.

Pada babak final, kata Shafa lagi, terdapat 7 judul yang lolos. Setelah pitching yang berisi presentasi dan sesi tanya jawab, maka terpilihlah 3 juara.

“Tahap selanjutnya setelah menjadi juara 1 akan mendapatkan kesempatan mengikuti coaching, pameran nasional dan studi banding,” kata Shafa.

Ia lebih dalam menuturkan awal mula ide ini muncul karena melihat permasalahan stunting di Sulawesi Selatan mencapai 27,2% menurut SSGI 2022 dan jauh dari target nasional.

Selain itu, isu gizi nasional ini selain berdampak terhadap fisik anak juga mengganggu perkembangan kognitif anak.

“Itulah mengapa kami ingin menawarkan solusi ini karena salah satu bentuk keresahan kami,” jelas Shafa.

Selaku ketua kelompok, Fakhri Fauzan berharap atas prestasi itu, lebih dari sekadar ingin membangkitkan rasa kompetitif sebagai pemenang.

“Kami memaknai kemenangan ini sebagai langkah awal kami untuk memberikan gagasan terbaik agar bermanfaat untuk sekitar secara berkelanjutan,” ujarnya.

Ia berharap pemerintah dan seluruh pihak terkait bisa terus memberikan wadah seluas-luasnya bagi para pemuda yang memiliki ide atau gagasan.

“Jangan sampai ide tersebut hanya dipikiran saja tanpa ada langkah implementatif setelahnya,” tukasnya.

Sekadar diketahui, pendaftaran kompetisi ini dibuka 3 April sampai 26 Mei 2023. Perpanjangan pengajuan Ide diperpanjang sampai 30 Juni 2023. Pengumuman finalis babak final 8 Agustus 2023. Babak final (pitching) 14 sampai 15 Agustus 2023 untuk Sulawesi Selatan. Pengumuman keseluruhan 6 September 2023.

Biodata Anggota 1

Nama: Fakhri Fauzan
TTL: Bulukumba, 21 Mei 2002
Alamat: BTN Puri Asri
Nama Ayah: Muh. Rusdi
Nama Ibu: Rosmawati Arief

Riwayat Pendidikan:
SDN 3 Kasimpureng
SMPN 1 Bulukumba
SMAN 8 Bulukumba
UNM, Jurusan Bahasa Inggris

  • Fasilitator Forum Anak Panrita Lopi Bulukumba
  • Fasilitator Forum Anak Sulawesi Selatan 2022-2024
  • Fasilitator Musrenbang Anak Kabupaten Bulukumba 2023

Biodata Anggota 2

Nama: Shafa Syahrani
TTL: Bulukumba, 8 Januari 2002
Alamat: Bonto Malengo, Jalanjang
Nama Ayah: Gunadi Gani
Nama Ibu: Syairawati, S.Pd

Riwayat Pendidikan:
SMAN 1 Bulukumba
S1 Gizi – Universitas Negeri Makassar (sekarang)

  • Fasilitator Forum Anak Panrita Lopi
  • Fasilitator Forum Anak Sulawesi Selatan 2021-2022
  • Fasilitator Musrenbang Anak Kabupaten Bulukumba 2023

Penulis : Ilyas

 Komentar

Berita Terbaru
Politik19 Juli 2024 23:47
Resmi Diusung Demokrat di Pilgub Sulsel, ASS-Fatma Masih Butuh Dukungan 10 Kursi
Trotoar.id, Jakarta — Partai Demokrat secara resmi mengusung pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi sebagai calon gubernur dan waki...
Politik19 Juli 2024 23:26
Sah Demokrat Usung ASS-Fatma Untuk PIlgub Sulsel
Trotoar.id, Makassar – Partai Demokrat resmi mengusung pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur...
Metro19 Juli 2024 17:17
Peningkatan Kualitas SDM: Kunci Kesuksesan Organisasi dan Pelayanan Kesehatan Optimal
Trotoar.id, Makassar, – Kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah elemen kunci dalam kesuksesan sebuah organisasi. Tanpa SDM yang berkualitas, seber...
Metro19 Juli 2024 16:51
ISBI Sulsel Segera Diresmikan Akhir Tahun Ini
Trotoar.id, Solo – Dies Natalis ke-60 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang jatuh pada 15 Juli 2024, dirayakan dengan Rapat Senat Terbuka...