Pemilu 2024

Pelantikan 28.028 KPPS Oleh KPU Makassar untuk Pemilu 2024

Fadli
Fadli

Kamis, 25 Januari 2024 21:43

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), melaksanakan pelantikan 28.028 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di 4.004 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Makassar.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), melaksanakan pelantikan 28.028 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di 4.004 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Makassar.

Trotoar.id, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), melaksanakan pelantikan 28.028 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di 4.004 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Makassar.

Proses pelantikan yang dilakukan sepanjang hari ini dibagi dalam lima sesi, masing-masing menggunakan ruangan berbeda di Hotel Claro, pada Kamis (25/1/2024). KPU Makassar dengan target agar seluruh pelantikan selesai dalam satu hari.

Anggota KPU Makassar, Abdi Goncing, menyampaikan kepada wartawan bahwa jumlah KPPS yang dilantik pada hari tersebut mencapai 28.028 orang untuk lima sesi di lima ruangan berbeda. Mereka akan menjalankan tugasnya di 4.004 TPS yang tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar.

Abdi menekankan perbedaan pelantikan KPPS untuk Pemilu 2024 ini dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Berbeda dengan pelantikan sebelumnya yang hanya melibatkan satu perwakilan sebagai ketua KPPS, pelantikan kali ini melibatkan seluruh anggota KPPS.

“Biasanya yang dilantik itu cuma satu orang perwakilan yang menjadi ketua KPPS-nya, nah ini sekarang semua kita lantik, semua kita ambil sumpahnya,” ungkapnya.

Setelah pelantikan, KPPS akan mengikuti pembekalan dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek) selama enam hari. Bimtek ini juga akan diselenggarakan di Hotel Claro, dimulai pada Jumat (26/1).

Abdi menjelaskan bahwa KPU Makassar mematuhi arahan KPU RI yang membatasi peserta Bimtek menjadi maksimal 300 orang per kelas.

“Kita akan bagi besok itu selama 6 hari, 10 kelas setiap sesi. Sehingga setiap hari ada 20 kelas jadi kita bagi dua sesi setiap hari kemudian ada 20 kelas setiap hari satu kelas 230-an orang,” terang Abdi.

Abdi berharap semua anggota KPPS yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik, khususnya dalam menjaga integritas sebagai petugas TPS.

Ia menekankan bahwa sebelum TPS dibuka, seluruh anggota KPPS akan kembali membacakan sumpah dan janji sebagai bagian dari tanggung jawab mereka sebagai petugas TPS.

Penulis : Addy

 Komentar

Berita Terbaru
News26 Februari 2024 16:41
Hadiri RAT Koperasi Berkat, Andi Makkasau Puji Kinerja Bupati Andi Utta
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat Bulukumba menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk Tahun Buku 2023, di Ballroom Ammatoa Hotel Agri Bulukumba....
Politik26 Februari 2024 16:36
Nasdem Mendominasi Perolehan Suara, PKB, PDIP, PAN Gagal Raih Kursi di Dapil Sulsel 9
Persaingan politik di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan (Sulsel) 9 yang terdiri dari tiga kabupaten Pinrang, Sidrap dan Enrekang  harus mener...
Politik26 Februari 2024 16:17
Sejumlah Anggota DPRD Sulsel Akan Melenggang di Pilkada Serentak Tahun 2024
Pilkada Serentak tahun 2024 semakin mendekat, dan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah mulai bersiap...
Politik26 Februari 2024 16:00
Pemilu Belum Usai, Partai Politik Segera Hadapi Pilkada Serentak
Meskipun suasana pemilu masih terasa di udara, partai politik di seluruh Indonesia sudah bersiap-siap untuk menghadapi tahapan penting berikutnya, Pem...