Pemprov Sulsel

Setelah Pakkatto, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Usulkan Penetapan 21 Desa Antikorupsi ke KPK

Fadli
Fadli

Kamis, 13 Juni 2024 21:46

Setelah Pakkatto, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Usulkan Penetapan 21 Desa Antikorupsi ke KPK

Trotoar.id, Makassar, – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengusulkan 21 desa untuk ditetapkan sebagai Desa Antikorupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya, Desa Pakkatto telah ditetapkan sebagai Desa Antikorupsi.

Pengumuman ini dibuat dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Perluasan Desa Antikorupsi yang diadakan oleh KPK di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Bimtek ini bertujuan memberikan pemahaman lebih mendalam terkait indikator Desa Antikorupsi untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, dan partisipatif.

Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK, Fries Mount, menyatakan bahwa dengan adanya program Desa Antikorupsi, setiap pihak dapat memantau pengelolaan dana desa melalui website tanpa biaya.

Jika ada kendala akses, Diskominfo diharapkan membantu pembuatan website.

Program ini tidak memerlukan konsultan dan biaya web. Informasi di desa harus transparan dan bisa diakses publik, sehingga tidak ada lagi yang rahasia.

Fries juga menyebut bahwa dengan adanya website, LSM tidak perlu lagi datang ke lapangan untuk klarifikasi laporan masyarakat, cukup mengakses informasi secara online.

KPK menetapkan beberapa indikator untuk penilaian Desa Antikorupsi, meliputi penguatan tata laksana, penguatan pengawasan, penguatan kualitas pelayanan publik, penguatan partisipasi masyarakat, dan kearifan lokal.

Desa yang memenuhi indikator ini akan mendapat tambahan dana dari pemerintah sebagai stimulus.

Namun, status Desa Antikorupsi dapat dicabut jika terdapat aparatur yang terlibat kasus korupsi atau tindak pidana lainnya.

Fries mengapresiasi langkah Pemprov Sulawesi Selatan yang telah mengirimkan 21 nama desa untuk program ini, dan diharapkan akhir tahun ini penetapan desa-desa tersebut dapat dilakukan.

Penulis : Anti

 Komentar

Berita Terbaru
Metro12 Juli 2024 17:37
Danny Pomanto Dukung Wartawan Sulsel Ikuti Porwanas XIV di Banjarmasin
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto, memberikan dukungan penuh kepada pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan untuk ...
Metro12 Juli 2024 17:28
Diskop dan UMKM Makassar Tingkatkan Peran Inkubator untuk Perkuat Ekonomi
Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar berkomitmen mendukung program strategis Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, melalui Gerakan Perkuatan Imun...
Metro12 Juli 2024 16:33
Program Seragam Gratis Masih Ditunggu Orang Tua Murid di Bantaeng
Program seragam gratis di Kabupaten Bantaeng masih sangat diharapkan oleh masyarakat. ...
Metro12 Juli 2024 16:28
Danny Pomanto Siapkan Starlink untuk Perbaiki Jaringan Internet di Pulau
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, berencana mengubah kawasan Kayu Bangkoa menjadi lebih modern dengan memasang jaringan internet satelit Starli...