Pemprov Sulsel

Pemprov Sulsel dan Papua Barat Daya Sepakati Kerjasama Pembangunan Daerah

Fadli
Fadli

Senin, 08 Juli 2024 23:02

Pemprov Sulsel dan Papua Barat Daya Sepakati Kerjasama Pembangunan Daerah

Trotoar.id, Makassar – Dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait kerjasama antar daerah, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) mengadakan silaturahmi dan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Provinsi Papua Barat Daya.

Acara ini berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan pada Selasa malam, 9 Juli 2024.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, dan Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Prof. Dr. Mohammad Musa’ad.

Selain MoU, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang mencakup bidang industri dan perdagangan.

Dalam sambutannya, Prof. Zudan mengungkapkan rasa terima kasih dan kebahagiaannya atas kesediaan Papua Barat Daya untuk bekerjasama dalam memajukan pembangunan daerah, pemerintahan, dan hubungan sosial kemasyarakatan.

“Saya merasa berbahagia dan senang kita bisa berkolaborasi dalam kerjasama pemerintahan,” ujar Prof. Zudan.

Prof. Zudan menekankan bahwa kerjasama antar pemerintah daerah ini adalah arahan langsung dari Presiden Jokowi dan Menteri Dalam Negeri.

Menurutnya, setiap daerah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kerjasama ini penting untuk saling mendukung.

Sulawesi Selatan siap membantu Papua Barat Daya, provinsi ke-38 yang baru terbentuk di Indonesia, terutama di bidang digitalisasi pemerintahan, pengembangan SDM, dan kebutuhan pangan.

“Insya Allah Papua Barat Daya cepat maju. Kami siap mendukung, berkolaborasi, dan bersinergi untuk membangun prestasi,” tegasnya.

Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Prof. Dr. Mohammad Musa’ad, menyampaikan bahwa sebagai provinsi terbaru, Papua Barat Daya masih memerlukan banyak pembenahan dan dukungan dari provinsi lain, terutama Sulawesi Selatan.

“Sulawesi Selatan merupakan poros kawasan timur Indonesia. Kami berterima kasih karena dalam waktu relatif singkat, penandatanganan ini bisa berlangsung,” ujarnya.

Papua Barat Daya memiliki potensi besar di bidang pariwisata, migas, nikel, dan batubara. Namun, hingga kini, sumber daya tersebut masih sebatas menjadi bahan mentah yang diolah di tempat lain.

Prof. Musa’ad berharap, dengan dukungan Sulawesi Selatan, investor bisa didorong untuk berinvestasi di Papua Barat Daya sehingga daerah tersebut tidak hanya menjadi penghasil bahan mentah tetapi juga pusat produksi.

Prof. Musa’ad juga menyoroti kebutuhan pangan dari Sulawesi Selatan seperti cabai dan bawang merah yang diharapkan dapat dipenuhi oleh Sulawesi Selatan, sehingga tidak perlu didatangkan dari Pulau Jawa. Selain itu, kerjasama di bidang pendidikan dan kesehatan juga sangat diharapkan.

Banyak pasien dari Papua Barat Daya yang dirujuk ke Sulawesi Selatan, sehingga MoU dengan Rektor Unhas untuk mendukung penyediaan dokter spesialis juga telah ditandatangani.

“Semua ini perlu dipayungi dengan kesepakatan bersama di tingkat provinsi,” jelas Prof. Musa’ad.Dengan kerjasama ini, diharapkan pembangunan di kedua provinsi dapat berjalan lebih cepat dan merata, membawa manfaat besar bagi masyarakat setempat. (*)

Penulis : Anti

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 Juli 2024 21:40
Hari Kedua Operasi Patuh Pallawa, Bapenda Sulsel Kumpulkan Rp798 Juta Pajak Kendaraan Bermotor
Trotoar.id, Makassar – Unit PelaksanTeknis (UPT) Pendapatan Wilayah Makassar II dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel)...
Metro18 Juli 2024 21:23
Tim Korsupgah KPK Sambangi Kantor Bupati Gowa
Trotoar.id, Gowa, – Tim Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Kantor Bupati Gowa. Kehadiran TiM Korsupgah KPK disambut langsu...
Metro18 Juli 2024 18:42
Prof. Zudan Arif Fakrulloh Diakui sebagai Pelaku Inovasi AI oleh Presiden Korika
Trotoar.id, Makassar, – Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, Presiden Korika, memberikan pengakuan terhadap Prof. Zudan Arif Fakrulloh sebagai pelaku utam...
Metro18 Juli 2024 16:17
Tim Sulsel Raih Juara I Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024 di Jakarta
Trotoar.id, Jakarta – Tim Senam Kreasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih Juara I pada Kejuaraan Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024....