Gerindra, PAN, PKS Sepakat Koalisi di 5 Pilgub, Bagaimana Pilgub Sulsel?

Suriadi
Suriadi

Senin, 25 Desember 2017 02:13

Gerindra, PAN, PKS Sepakat Koalisi di 5 Pilgub, Bagaimana Pilgub Sulsel?

Trotoar.id, Jakarta — Desas desus perpindahan usungan partai Gerindra dari Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (NA-SS) ke pasangan bakal calon Agus Arifin Nu’mang-Tandri Balilamo (AAN-TBL) nampaknya akan terwujud. Namun apakah dukungan tersebut menjadi nyata atau cuma ada dalam mimpi politik pasangan AAN-TBL?

Meskipun partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) Partai Keadilan Sejahterah (PKS) telah menyepakati membangun koalisi bersama di lima Pilkada Gubernur dari 17 Pilkada Gubernur yang digelar secara serentak ditahun 2018 mendatang.

Namun dari lima kesepakatan dipilkada Gubernur tersebut, Pilkada Gubernur Sulawesi Selatan tak masuk dalam deretak wilayah yang menjadi kesepakatan koalisi bersama tiga partai yang merupakan partai diluar dari pemerintaha Jokowi-JK,

Lima pilgub yang masuk wilayah koalisi tiga partai tersebut yakni, Pilgub Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatara Utara, Kalimantan Timur, dan Maluku Utara yang menjadi komitmen dari tiga partai tersebut.

Komitmen tersbeut disampaikan Presiden PKS, Sohibul Iman dalam jumpa persnya usai melaksanakan pertemuan ketiga partai di DPP PKS, Jalan TB Simatupang jakarta Minggu malam (24/12/2017).

“Kami sudah menyepakati, bahwa kami akan bersama-sama dilima pilgub di Jawa Barat, kemudian di Jawa Tengah dan kemudian di Sumatera Utara, kemudian Kalimantan Timur, dan Maluku Utara dan saya kira itu di provinsi yang kita sepakati,” ujar Sohibul kepada awak media.

Terkait kerjasama untuk provinsi Jawa Timur, dan Sulsel, Sohibul mengatakan masih akan menundanya. Dia menegaskan hasilnya akan diumumkan setelah Tahun Baru nantinya.

Sebelumnya Ketum Gerindra Prabowo Subianto mengatakan dalam pertemuan di DPP PKS akan dibahas kerja sama antara Gerindra, PKS, dan PAN dalam menghadapi pilkada serentak. Dia berharap pada pertemuan ini dapat memutuskan kerja sama terkait pilkada Gubernur di 3 provinsi.

“Kita bahas beberapa masalah, ini kan sudah mendekati pendaftaran calon-calon dan sebagainya kita lihat, gimana kita bisa kerja sama sama PKS dan PAN, kita lihat,” kata Prabowo sesaat sebelum pertemuan. (Iyat) 

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 April 2024 21:40
Kolaborasi Terjalin Kuat antara Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana
Dalam upaya meningkatkan keselamatan warga dan respons terhadap bencana, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memberikan penghargaa...
Metro18 April 2024 21:15
Kunjungan Konsulat Jenderal Filipina ke Penjabat Gubernur Sulsel
Dalam upaya memperkuat hubungan bilateral, Konsulat Jenderal Filipina, Marry Jennifer Dominggo Dingal, bertemu dengan Penjabat Gubernur Sulawesi Selat...
Politik18 April 2024 17:55
AIA Gerindra Fokus Usung Kader Dipilkada Serentak
Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra, mengungkapkan hasil pertemuan dengan ketua Nasdem Sulsel, Rusdi Masse, dan Rusdi...
Metro18 April 2024 16:54
Kunjungan ke PT. BMS: Muh. Saleh Tekankan Dampak Sosial dan Ekonomi yang Spesifik
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, melakukan kunjungan kerja ke PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) di Desa Karang Karangan, Kecamatan Bua. Dalam ku...